Pesan Megawati ke Ganjar Dkk: Jadilah Pemimpin, Bukan Pejabat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 16 Juni 2022
Pesan Megawati ke Ganjar Dkk: Jadilah Pemimpin, Bukan Pejabat
Rapat koordinasi kepala dan wakil kepala daerah terkait konsolidasi menjelang Pemilu 2024 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). (ANTARA/Putu Indah Savitri)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (16/6).

Dalam acara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta para kepala dan wakil kepala daerah yang diusung partai berlogo banteng itu agar menjadi pemimpin bukan sekadar pejabat.

"Jadilah pemimpin bukan pejabat. Karena pejabat pensiun, pemimpin tidak. Semoga memiliki kepintaran dan pengetahuan yang dalam," kata Megawati saat memberi pengarahan.

Baca Juga:

Erick Thohir Temani Megawati Kunjungi Galeri Bung Karno di Sarinah

Megawati berharap apa yang disampaikannya tidak hanya didengar, tapi juga dipikirkan oleh para kepala daerah. Megawati berpesan kepada para kepala daerah PDIP agar memiliki pengetahuan yang luas dan tidak hanya satu bidang.

"Apa itu geopolitik? Berarti harus belajar. Jangan hanya mau jadi magnetnya eksekutif saja," ujarnya. Megawati.

Kesempatan itu pun digunakan Megawati untuk mengingatkan para kepala daerah atas prestasi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang meraih gelar doktor dengan predikat summa cumme laude.

Megawati menceritakan, dirinya akan mendapat lima gelar doktor lagi namun karena pandemi hal itu tidak bisa diwujudkan. Dia berharap, hal itu jadi inspirasi bagi kader PDIP.

"Saya jangan ditepuki," kata Megawati sambil tertawa.

Baca Juga:

Tanggapan Megawati Soal Jokowi Anggap Dirinya Seperti Ibu

Ia juga mengingatkan agar kepala daerah PDIP terus memiliki semangat dan tidak berada zona nyaman serta tidak hanya memikirkan diri sendiri, tapi memikirkan apa yang menjadi harapan rakyat dan mewujudkan kehidupan rakyat.

Bahkan, Presiden Kelima RI itu menegaskan dirinya lebih memilih sedikit kepala daerah, tapi bekerja untuk rakyat. Tidak hanya sekadar banyak dalam jumlah kepala daerah.

"Saya butuh sedikit tapi mantap yang memperjuangkan rakyat. Tidak hanya ngomong tapi dikerjakan. Itulah perjuangan PDI Perjuangan. Namun sekiranya bisa besar, selama solid dan berprestasi, itu yang terbaik," pungkas Megawati.

Atas arahan Megawati, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta pesan-pesan itu menjadi arahan untuk bergerak melakukan konsolidasi, jangan terbawa arus, dan jangan bermain dua kaki.

"Tegak lurus ikut arahan Ibu Ketua Umum," kata Hasto. (Pon)

Baca Juga:

Jokowi: Megawati Seperti Ibu Saya Sendiri, Ada Perbedaan Wajar

#PDIP #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan