Pesan Luhut ke Prabowo: Jangan Pakai Agama Saat Kampanye Kasian Bangsa Ini Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan buka suara terkait rematch antara Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019.

Luhut menyambut baik Prabowo kembali maju menjadi capres. Ia pun mengaku sempat berpesan kepada Prabowo agar tidak menggunakan isu agama saat kampanye.

"Saya sudah bilang Prabowo 'wo nanti maju-maju aja, tapi jangan pake agama sebagai kampanye karena kasian bangsa ini'," kata Luhut menirukan ucapannya kepada Prabowo di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/9).

Pertemuan Luhut dengan Prabowo beberapa waktu lalu

Kala itu, kata Luhut, Prabowo setuju dengan pesan yang disampaikannya. Menurut dia, Prabowo berkomitmen tidak menggunakan isu agama dalam kampanye Pilpres 2019.

"Setuju bang" kata Luhut menirukan ucapan Prabowo.

"Fight fight aja" timpal Luhut saat itu kepada Prabowo.

Luhut diketahui memiliki hubungan baik dengan Prabowo. Keduanya punya andil besar dalam pembentukan Sat-81 Gultor. Saat itu Luhut menjadi Komandan Sat-81 dan Prabowo menjadi wakil komandan.

"Prabowo itu kan lama wakil saya di kopassus, jadi saya kenal betul beliau," ungkap Luhut.

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (MP/Noer Ardiansjah)

Sejak pesta demokrasi 2014 lalu, Luhut dan Prabowo berada di kubu bersebrangan. Meski demikian, Luhut menegaskan bahwa perbedaan pilihan politik antara keduanya tidak boleh menjadi alasan bermusuhan.

"Boleh beda pendapat tidak perlu musuhan, tidak perlu dendam. Saya bilang ke Prabowo kita ngga cocok dalam konteks (Pilpres) ini, tapi ngga perlu musuhan," ungkap dia.

"Maju-maju aja tapi jangan pake agama. Sehingga nanti Pak Jokowi dengan Prabowo ini pas kampanye bicara masalah ekonomi, bicara kemiskinan dan bicara pendidikan," pungkas Luhut. (Pon)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH