Pesan Kiai Ma'ruf Amin di Hari Pahlawan KH Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Ponpes Al-Muayyad, Solo (MP/Win)

MerahPutih.com - Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, memberikan pesan hangat kepada seluruh masyarakat tanah air di peringatan hari Pahlawan, Sabtu (10/11).

Ketua MUI itu mengingatkan publik untuk selalu menghidupkan semangat kepahlawanan dalam merawat bangsa yang besar ini.

"Semangat pahlawan itu harus terus kita hidupkan dikalangan masyarakat untuk membela bangsa dan negara," kata Kiai Ma'ruf di Rumah Aspirasi, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

Pasangan Jokowi-Ma'ruf
Calon Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

Sedikit menjelaskan, Kiai Ma'ruf mengajak seluruh anak bangsa untuk terlibat langsung dalam aksi bela negara dengan cara mengawal bangsa dari upaya memecah belah.

"Kita harus mengawal negara ini dari usaha-usaha memecah belah dan ingin juga membuat negara ini kacau oleh karena itu kita harus hadir sebagai pahlawan untuk mengawal negara dalam keutuhan," imbaunya.

Sebagaimana diketahui, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Tanggal tersebut terambil dari kisah heroik arek Suroboyo mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal itu, pejuang Indonesia bersama arek Suroboyo bertempur habis-habisan melawan tentara Inggris yang akan menduduki kota Surabaya.

Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO

Alhasil, banyak korban jiwa berjatuhan dari kedua belah pihak, terutama di kubu pejuang. Untuk mengenang pengorbanan pejuang yang berguguran, pemerintah menetapkan 10 November sebagai hari pahlawan nasional. (Fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH