Pesan Ketua MPR Zulkifli Hasan Jelang Pemilu 2019 Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menegaskan, salah besar jika ada yang menyatakan bahwa Pemilu adalah perang total, apalagi perang badar. Menurut Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, Pemilu merupakan kelaziman bagi Indonesia sebagai negara demokrasi.

Hal itu disampaikan Zulhas saat membuka acara Press Gathering Pimpinan MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Swiss-bel Hotel, Lampung, Jumat (22/3) malam.

"Pemilu itu bukan perang. Jadi tidak benar kalau ada yang mengatakan perang total, tidak ada itu. Begitu juga yang bilang perang badar, ngga benar juga," kata Zulhas.

Acara Press Gathering Pimpinan MPR. (Ist)
Acara Press Gathering Pimpinan MPR. (Ist)

Karena itu, dikatakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, setiap lima tahun Indonesia selalu menggelar Pemilu presiden kepala daerah serta anggota legislatif.

"Negara yang demokratis ya begitu, menyelesaikannya dengan demokrasi, bukan perang, titah, dan sebagainya, tetapi dengan Pemilu," ujar Zulhas.

"Karena Pemilu adalah memperbaharui komitmen sehingga memperbaharui kemitraan," kata Zulhas menambahkan.

Zulhas mengajak seluruh warga negara khususnya penyelenggara Pemilu serta aparat keamanan untuk menjaga pesta demokrasi lima tahunan itu agar berjalan dengan baik.

"Oleh karena itu saya mengatakan, pihak Polri, KPU, kejaksaan, dan pihak-pihak terkait harus menjaga kepercayaan publik," tuturnya.

Lebih lanjut, Zulhas menambahkan, konstitusi sudah mengatur bahwa Pemilu itu langsung, umum, bebas, dan rahasia (Luber) sebagaimana diatur dalam Pasal 22E ayat 1 UUD 1945.

"Dalam konstitusi, damai ini bisa dapat kalau Luber dan Jurdil, apalagi yang diragukan penyelenggara. Jadi ayo kita jaga sama-sama negeri kita ini, rumah kita," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH