Pesan Kematian Perempuan ini Jadi Viral Holly Butcher. (foto: Facebook)

PESAN terakhir bisa jadi amat menyentuh dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Demikian juga yang terjadi pada pesan yang ditinggalkan seorang perempuan berusia 27 tahun asal Australia ini.

Holly Butcher meninggal di usia yang amat muda akibat Ewing's sarcoma. Ia sepertinya tak ingin hidupnya berlalu begitu saja. Oleh karena itu, Butcher meminta keluarganya untuk mengunggah sebuah surat yang ia tulis ke akun Facebook pribadinya. Seperti dilansir News.com.au, surat itu diunggah pihak keluarga beberapa waktu setelah kematian Butcher.

Dalam surat itu, Butcher menulis tentang menikmati hidup semaksimal mungkin. Ia juga secara jujur bercerita tentang kematiannya juga hal-hal yang ia harap bisa ia lakukan, seperti berkeluarga.

"Amatlah aneh mengetahui dan menerima kematianmu di usia yang amat muda, 26 tahun. Itu merupakan hal yang ingin kau abaikan. Hari berlalu dan kau berharap hari yang baru tetap muncul, hingga hal yang tak diharapkan terjadi," ujarnya dalam surat itu.

Meninggal di usia muda, Holly Butcher bahkan tak sempat membina keluarga. (foto: Facebook Holly Butcher)

Ia mengingatkan bahwa hal yang unik tentang hidup ini ialah bahwa itu akan berakhir. Buatnya, hidup itu rapuh, berharga, dan tak bisa diprediksi.

"Setiap hari adalah hadiah, bukan sesuatu yang diberikan. Aku saat baru 27 tahun. Aku tak ingin pergi," ujarnya.

Dengan rendah hati ia mengingatkan bahwa menjalani hidup sehat saja tidak cukup. Penyakit yang ia derita telah mengingatkannya bahwa aspek terpenting dalam gaya hidup sehat ialah sehat secara emosi dan mental.

"Bersyukurlah untuk setiap hari yang kau lewatkan tanpa rasa sakit, bahkan saat kau sedang menderita flu, sakit punggung, atau cedera pergelangan kaki. Terima saja kesialan itu. Bersyukur itu tidak mengancam hidupmu dan akan pergi," ujarnya.

"Kurangilah mengeluh, lebih banyaklah menolong sesama," ujarnya mengingatkan.

Ia mengakui bahwa amatlah aneh saat punya banyak uang saat kau sekarat. Baginya, itu bukan waktu yang tepat buat pergi dan belanja, seperti membeli baju baru. Ia mengingatkan Anda untuk tidak menghabiskan waktu memikirkan hal-hal kecil, tapi lebih fokus menikmati momen bersama keluarga dan teman.

"Kau mungkin terjebak dalam lalu lintas yang macet hari ini atau kurang tidur karena bayi mungilmu membuatmu terjaga semalaman, atau penata rambutmu memotong rambutmu terlalu pendek, atau payudaramu terlalu kecil. Biarkan saja hal-hal itu berlalu. Aku yakinkan kau bahwa kau tak akan merisaukan hal itu jika ini saatnya kau untuk pergi," ujarnya.

Pola hidup sehat saja enggak cukup, hidup haruslah bahagia. (foto: Facebook Holly Butcher)

"Aku menyaksikan tubuhku menghilang dan menguap di depan mataku tanpa aku bisa berbuat apa-apa tentang hal itu. Semua yang aku harapkan hanya satu kali lagi ulang tahun, sekali lagi Natal bersama keluargaku, hanya sehari lagi bersama pasanganku atau anjingku. Hanya satu hari lagi," pesannya.

Di akhir pesannya, Butcher menyarankan untuk mendonasikan darah. Ia menyebut hal itu telah memperpanjang umurnya selama setahun.

"Satu hal lagi, jika kau bisa, lakukanlah hal yang baik untuk kemanusiaan dan mulailah donor darah secara reguler. Hal itu akan membuatmu merasa senang dengan bonus menyelamatkan nyawa," pesannya.

Menyentuh dan menginspirasi, ya. (dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH