Pesan Jokowi Saat Menghadiri Perayaan Hari Disabilitas Internasional Jokowi hadir dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BOLEH saja penyandang disabilitas memiliki kekurangan. Tapi Hal itu enggak pernah mematahkan semangat mereka untuk berkarya. Begitulah setidaknya yang disampaikan presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Summarecon Mal Bekasi, Senin (3/12).

Acara tersebut berlangsung meriah dengan menghadirkan talkshow juga hiburan dari penyanyi Tulus. Selain itu, terdapat juga puluhan tenant yang memiliki produk untuk kaum disabilitas. Contohnya alat bantu dengar (ABD) untuk mereka yang tuli.

Acara yang dihelat oleh Kementerian Sosial ini telah berlangsung sejak hari Minggu kemarin (02/12) dan hari ini (03/12) merupakan puncaknya. Dalam kesempatan ini Jokowi enggak hanya merayakan kehadiran kaum disabilitas. Tapi juga mengingatkan dan berpesan kepada masyarakat yang enggak memiliki kekurangan untuk selalu semangat menjalani hidup ini.

1. Ingin setiap masyarakat bekerja Keras

Jokowi ingin masyarakat tanpa kekurangan sama-sama berkarya seperti kaum difabel (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Ayo, kamu harus semangat. Jangan mau kalah dengan penyandang disabilitas yang tetap semangat beraktivitas. Enggak percaya? Contoh gampangnya ialah para atlet Asian Para Games. Dengan keterbatasan yang dimiliki mereka tetap bisa menjadi seorang atlet. ”Saya berpesan yang hadir di sini supaya untuk selalu bekerja keras," kata Jokowi yang mengenakan kaus kerah berwarna biru.

2. Jokowi perintahkan Kementerian Sosial membuat pabrik untuk pekerja disabilitas

Jokowi perintahkan agar Kementerian Sosial segera membangun Pabrik khusus penyandang disabilitas (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Jokowi bercerita, beberapa tahun silam ia sempat mendapatkan usulan untuk membangun pabrik yang khusus mempekerjakan kaum disibilitas. Tapi sayangnya, usulan tersebut belum terlaksanakan hingga sekarang. Karena itu, dalam kesempatan ini ia juga mengingatkan Kementerian Sosial untuk segera melaksanakan usul tersebut. ”Saya perintahkan kemensos untuk mempersiapkan hal ini,” seru Jokowi.

3. Pabrik khusus penyandang disabilitas akan membuat kaum difabel berkarya

Pabrik khusus penyandang disabilitas sebagai ruang untuk berkarya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Menurut Jokowi, pabrik tersebut bukan hanya untuk sekadar memberikan pekerjaan atau profesi kepada penyandang disabilitas. Karena pabrik itu dibuat khusus untuk mereka, ia yakin kedepannya kaum difabel akan semakin berkarya dengan bekerja di sana. Kata Jokowi pabrik tersebut bisa saja pabrik garment atau pabrik yang memiliki inovasi. "Jadi ini (pabrik) akan menjadi ruang mereka untuk berkarya," tukasnya.

Sahabat Merah Putih, syukuri selalu keadaan kamu ya. Jangan pernah mengeluh karena kamu enggak memiliki keterbatasan. (ikh)

Baca juga: Cerita Dibalik Jokowi Menggunakan Sneakers Lokal Yoga FlexKnit v2.0 Carbon Black

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH