Selebritas

Pesan Damai di Miss Universe 2020

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 17 Mei 2021
Pesan Damai di Miss Universe 2020
Bernadette dan kostum nasionalnya. (Foto: Instagram/bernadettebelle)

AJANG Miss Universe 2020 menjadi momen epik bagi para kontestan yang hadir. Selain menampilkan berbagai kostum andalannya, ajang ini juga dijadikan sebagai momen untuk membagikan pesan damai. Hal ini dilakukan oleh kontestan asal Myanmar, Ma Thuzar Wint Lwin dan kontestan Singapura, Bernadette Belle Wu Ong.

Dalam babak national costume, Bernadette mengenakan jubah merah dan putih bertuliskan Stop Asian Hate.

"Untuk apa platform ini jika saya tidak dapat menggunakannya untuk mengirimkan pesan perlawanan yang kuat terhadap prasangka dan kekerasan! Terima kasih #MissUniverse karena telah memberi saya kesempatan ini,” tulis Bernadette lewat Instagramya.

Bernadette mengenakan kostum monokini merah berpayet dengan lengan yang dramatis, satu merah dan sisi yang lainnya putih. Ia juga menggunakan sepatu boots setinggi lutut.

Kostum nasional Bernadette juga terinspiprasi dari bendera nasional Singapura yang melambangkan persatuan untuk semua dan harmoni sosial di negara yang multi-rasial, multi-budaya, dan antar-agama.

Baca juga:

Mewahnya Kostum Komodo Indonesia di Miss Universe

Kostum merah-putih ini dilukis oleh tangan Paulo Espinosa dan dirancang oleh Arwin Meriales. Ia mengatakan bahwa kostum itu hanya dibuat dalam dua hari.


"Merah melambangkan kesetaraan untuk semua. Putih melambangkan kebajikan yang abadi. Singapura adalah tempat untuk semua ras dan mereka sangat bangga menjadi orang Asia,” ujar Bernadette.

“Saya menghubungi desainer Filiphina @arwin_meriales04 untuk membuat desain saya sendiri dan dia mengeksekusinya. Ketika dia menawarkan untuk meminta @kuyapawlo untuk melukis sesuatu di bagian belakang, saya langsung tahu bahwa itu pasti tentang gerakan yang memutarbalikkan kebencian dan prasangka rasial!,” lanjutnya.


Pesan yang ada pada kostum tersebut juga diperuntukkan bagi semua orang.

Baca juga:

Inspirasi Unik Para Desainer Dalam Busana Miss Universe 2017

Pesan Damai di Miss Universe 2020
Ma Thuzar Wint Lwin. (Foto: The New York Times)

“Ini adalah kemenangan BESAR untuk semua orang! Kami menyampaikan pesan kami dengan lantang dan jelas! Teria kasih telah membalas kami dengan cinta dan pujian,”ujarnya.

Di sisi lain, kontestan Miss Universe asal Myanmar, Ma Thuzar Wint Lwin juga mencuri perhatian dunia. Dalam babak National Costume, ia memperagakan busana tradisionalnya sambil membawa pesan bertuliskan Pray for Myanmar.

Ma Thuzar Wint Lwin berharap bisa menggunakan platform internasioalnya sebagai kontestan untuk mengkritik kudeta militer yang sedang terjadi di negaranya. (and)

Baca juga:

Meme Kocak Miss Universe yang Tertukar

#Selebritas #Miss Universe
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan