Perusahaan Swasta Diandalkan untuk Kembangkan MICE Esthy Reko Astuty (Foto: kemenpar.go.id)

MerahPutih.Com - Keberadaan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) dipandang perlu sebagai akselerasi kemajuan sebuah daerah. Oleh karena itu, pemerintah akan mengandalkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja MICE di setiap daerah.

"Kami berupaya menggenjot kinerja MICE, salah satunya melalui penyelenggaraan 'Indonesia Corporate Meetings Incentive Travel Mart' (ICMITM) ke-9. Kali ini Solo yang menjadi tuan rumah," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty di Hotel Sunan Solo, Rabu (6/12).

Esthy Reko Astuty sebagaimana dilansir Antara mengatakan ICMITM tahun ini tidak hanya berbicara mengenai pertukaran bisnis tetapi juga menawarkan gagasan mengenai peran perempuan Indonesia untuk turut serta membangun industri MICE di Indonesia.

"Forum bisnis kali ini hanya boleh dihadiri delegasi wanita karena memang peran perempuan cukup tinggi dalam menggerakkan ekonomi," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Ego Global Network and Indonesia Professional Organizer Society Harry D Nugraha mengatakan target transaksi dari forum bisnis yang diselenggarakan dari tanggal 6-8 Desember tersebut minimal Rp 37 miliar.

Ia optimistis target tersebut dapat tercapai mengingat baik jumlah "buyer" maupun "seller" yang terlibat dalam kegiatan tersebut cukup banyak.

"Total 'buyer' sebanyak 120 delegasi dan 'seller' sebanyak 84 delegasi. Sejauh ini yang sudah konfirmasi untuk melakukan kegiatan di Kota Solo 2018 mendatang sebanyak 7 persen kemudian yang masih berencana sebanyak 58,3 persen," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kota Solo Daryono menyambut baik pelaksanaan ICMITM tersebut.

"Makin berkembangnya pasar MICE menjadi peluang besar juga bagi pelaku industri MICE untuk terus mengembangkan paket bisnis. Di sisi lain, 'seller' juga terpacu untuk menawarkan program yang terbaik dan sesuai dengan apa yang diinginkan 'buyer'," katanya.

Pihaknya berharap melalui penyelenggaraan kegiatan tersebut MICE Kota Solo yang saat ini masih didominasi oleh pemerintahan, ke depan bisa digeser oleh kontribusi dari perusahaan.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH