Teknologi

Perusahaan Inggris Kembangkan Ponsel Pintar Antimikroba Pertama di Dunia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 01 Desember 2020
Perusahaan Inggris Kembangkan Ponsel Pintar Antimikroba Pertama di Dunia
Ponsel ini memiliki perlindungan terhadap debu dan air. (Foto: mobilenewscwp)

PONSEL pintar telah lama dikenal penuh dengan segala jenis bakteri serta mikroba. Namun anggapan ponsel pintar 'kotor' itu tak semuanya benar.

Baru-baru ini, perusahaan startup asal Inggris mengklaim telah menciptakan ponsel pintar antimikroba pertama di dunia. CAT S42 yang dibuat dengan brand Caterpillar merupakan salah satu smartphone dengan ketahanan paling kuat dan terbersih.

Baca juga:

Bug Instagram Bisa Memudahkan Peretas Ambil Alih Ponsel Pintar?

Ponsel canggih dengan basic CAT S42, akan memiliki perlindungan total terhadap debu dan air (Foto: bullitt)

Peringkat IP68 ponsel tersebut, menandakan bahwa ponsel itu memiliki perlindungan total terhadap debu dan air. Pabrikan menyarankan pengguna untuk mencuci dan membersihkan ponsel mereka di bawah air mengalir.

Tapi, mulai tahun 2021, CAT S42 akan mendapatkan lapisan perlindungan ekstra berkat teknologi baru yang disebut 'teknologi antimikroba biomaster'. Teknologi tersebut diharapkan bisa menghentikan penyebaran kuman.

Dikembangkan oleh Bullitt, sebuah perusahaan yang berbasis di Reading, Inggris, ponsel antibakteri pertama di dunia ini akan menggunakan ion perak yang disematkan pada bahan casingnya selama proses produksi. Ion perak ini mampu menghentikan penyebaran dan penggandaan patogen.

Kendati teknologi biosmaster tidak secara aktif membunuh bakteri atau virus, Bullit mengklaim bisa mengurangi jumlah bakteri di perangkat ponsel pintar hingga 80 persen dalam 15 menit, dan 99,9 persen dalam 24 jam.

Baca juga:

Samsung Berusaha Patenkan Desain Ponsel Pintar Transparan

Bullitt menegaskan bahwa S42 harus dicuci secara teratur dengan sabun dan air (Foto: bullitt)

Namun, tetap saja pabrikan menekankan S42 harus dicuci secara teratur dengan sabun dan air, pembersih, bahkan pemutih.

"Ini penting bagi mereka di antara pelanggan kami yang bekerja dalam lingkungan perawatan kesehatan atau sosial, dan mereka yang mengunjungi banyak situs untuk pekerjaan mereka," kata Wakil Presiden Bullitt Group, Peter Cunningham, dikutip dari laman odditycentral.

CAT S42 sudah beredar di pasaran. Tetapi varian dengan teknologi antimikroba Biomaster baru akan tersedia awal tahun depan untuk umum. (ryn)

Baca juga:

Samsung Hadirkan Casing Ponsel Antimikroba, Intip Yuk Fungsinya

#Teknologi #Ponsel Pintar #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan