Pertunjukan Teater 'My Neighbor Totoro' Raih Enam Piala Olivier Awards

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 05 April 2023
Pertunjukan Teater 'My Neighbor Totoro' Raih Enam Piala Olivier Awards
Pertunjukan teater My Neighbor Totoro ternyata tak hanya mendapatkan respons positif dari penonton tapi juga para kritikus. (Foto: Youtube/myneighbourtotoro)

FILM My Neighbor Totoro hingga saat ini masih terus dianggap sebagai salah satu mahakarya dari Hayao Miyazaki. Film animasi produksi 1988 itu yang sukses meraih banyak penghargaan di negara asalnya.

Sampai sekarang, film animasi tersebut juga masih mendapatkan tempat bagi para penikmat film, berkat animasinya yang indah hingga cerita yang memiliki pesan moral positif.

Ternyata respons positif bukan hanya muncul untuk film animasinya, karena pertunjukan teater My Neighbor Totoro juga mendapatkan sambutan yang sangat baik, bahkan sampai membawa pulang piala presitisius di Inggris.

Baca juga:

'My Neighbor Totoro' Hadir di Panggung Pertunjukan Musikal

Pertunjukan Teater 'My Neighbor Totoro' Raih Enam Piala Olivier Awards
Pertunjukan teater My Neighbor Totoro mendapatkan sembilan nominasi di Olivier Awards. (Foto: Youtube/myneighbourtotoro)

Pertunjukan teater My Neighbor Totoro dimotori oleh Phelim McDermott yang berkolaborasi dengan komposer asli dari film animasi tersebut, yakni Joe Hisaishi dan turut menggandeng Royal Shakespeare Company, Improbable, dan Nippon TV.

Jalan ceritanya pun serupa dengan filmnya yang mengambil latar belakang pedesaan Jepang di tahun 1950an dengan fokus utamanya adalah dua anak perempuan bernama Satsuki dan Mei. Keduanya harus tinggal di desa bersama ayahnya agar bisa dekat dengan ibunya yang tengah menjalani perawatan akibat penyakit TBC.

Namun, kehidupan di desa mereka berubah menjadi petualangan usai rumah yang ditempatinya ternyata dihuni oleh roh-roh. Hingga Mei dan Satsuki berrtemu dengan roh penjaga hutang bertubuh tambun bernama Totoro.

Pertunjukan teater yang diadaptasi dari karya Hayao Miyazaki ini, ternyata menuai perhatian dari para panel juri yang ditunjuk Society of London Theatre. My Neighbor Totoro masuk ke dalam sembilan nominasi di Olivier Awards. Penghargaan tahunan ini digelar dalam rangka menganugerahi berbagai pertunjukan teater tingkat profesional di Kota London Inggris.

Baca juga:

Studio Ghibli akan Rilis Proyek Film 'How Do You Live'

Dari sembilan nominasi, My Neighbor Totoro membawa pulang enam piala Olivier Awards. (Foto: Youtube/myneighbourtotoro)

Dari sembilan nominasi, My Neighbor Totoro sukses membawa pulang enam piala usai memenangkan kategori Best Entertainment or Comedy Play, Best Director, Best Costume Design, Best Set Design, Best Lighting Design, dan Best Sound Design.

Kemenangan ini disambung antusias oleh Pemerintah Jepang. “Penghargaan tersebut mencerminkan bagaimana budaya dan seni Jepang melampaui bahasa serta batas melalui kesuksesan di panggung global dalam meraih pujian,” ungkap Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno, sebagaimana dilansir The Japan Times, Senin (3/4).

Masuknya My Neighbor Totoro ke Olivier Awards dipicu oleh penampilan pertunjukan teater yang digelar oleh Royal Shakespeare Company di London Barbican Center dari Oktober 2022-Januari 2023. Pertunjukan teater ini diperankan oleh para aktor dari Inggris serta Asia dan karena respons yang positif, My Neighbor Totoro akan kembali digelar di sana mulai November 2023 hingga Maret 2024. (aru)

Baca juga:

Ghibli Park dan Toyota Hadirkan Catbus di Dunia Nyata

#Studio Ghibli #Film Animasi #Teater
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan