Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim di Atas Negara Maju

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 09 Mei 2022
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim di Atas Negara Maju
Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com- Perekonomian Indonesia diklaim berada di jalur yang tepat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2022 yang lebih tinggi dari negara-negara mitra dagang Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ekonomi Indonesia di periode tersebut tumbuh 5,01 persen secara tahunan atau year-on-year (YoY).

Baca Juga:

Ekonomi Triwulan I Capai 5 Persen, Mobilitas Belanja Menguat

"Ini di atas beberapa negara lain seperti Tiongkok yang tumbuh 4,8 persen, Singapura 3,4 persen, Korea Selatan 3,07 persen, kita hanya di bawah Vietnam yang 5,03 persen. Amerika Serikat (AS) sendiri 4,29 persen dan Jerman 4,0 persen,” papar Airlangga dalam konferensi pers di Kantor Presiden yang juga disiarkan secara daring, Senin (9/5).

Di 2022 sendiri, Airlangga menyampaikan berbagai lembaga internasional memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen sampai 5,4 persen. Ini lebih tinggi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global yang diproyeksikan sebesar 3,6 persen sampai 4,5 persen.

Sebelumnya, di kuartal I 2021, ekonomi Indonesia terkontraksi 0,74 persen, kemudian mulai mengalami pertumbuhan positif sebesar 7,07 persen di kuartal II 2021.

Baca Juga:

Semangat Penyelenggara Negara Jadi Pilar Utama Ekonomi Kesejahteraan di Indonesia

Pertumbuhan positif juga berlanjut pada kuartal III-2021 sebesar 3,51 persen, demikian juga di kuartal IV 2021 yang tumbuh 5,02 persen. Dari sisi pertumbuhan ekonomi global, tahun ini diperkirakan akan tumbuh pada rentang 3,6 persen sampai 4,5 persen.

Meski begitu, beberapa lembaga dunia seperti OECD, World Bank dan IMF memperkirakan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2022 bisa tumbuh di rentang 5 persen - 5,4 persen.

"Jadi Indonesia ini pertumbuhannya di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global," kata Ketua Umum Partai Golkar ini. (Knu)

Baca Juga:

Erick Thohir Klaim Mudik Lebaran Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi

#Ekonomi #Ekonomi Indonesia #Kemenko Perekonomian
Bagikan
Bagikan