Apple Music Tumbuh Lebih Cepat Ketimbang Spotify Pertumbuhan Apple Music lebih cepat dibanding Spotify (Foto: theghfalcon)

DARI segi streaming musik, Spotify mungkin lebih unggul jika dibandingkan dengan Apple Music. Namun, Spotify seperti kalah dari Apple Music dalam hal kecepatan mengonversi pelangganya. Seperti dilansir Ubergizmo, sebuah studi terbaru yang dilakukan Loup Ventures memperlihatkan tingkat konversi Apple Music terhadap pelanggan sebanyak 2,5 kali lipat ketimbang Spotify.

Itu artinya, Apple sudah berhasil meyakinkan para pelanggannya untuk menggunakan layanan Apple Music jauh lebih cepat ketimbang Spotify. Studi tersebut menjelaskan mengapa pada Juni 2020, pertumbuhkan kuartal ke kuartal Apple berada pada angka 10%, sedangkan Spotify hanya 6%.

Baca Juga:

Fatin Hadirkan 'Pelangi dan Hujan' di Lagu Bernuansa J Pop

Studi menjelaskan pertumbuhan kuartal ke kuartal Apple lebih cepat dibanding Spotify (Foto: digitalmusicnews)

Menurut Loup Ventures, angka yang didapat Spotify itu lantaran secara keseluruhan Spotify sudah terbilang besar jadi pertumbuhan Spotify melambat. "Kami yakin konversi yang lebih cepat ini didorong oleh penilaian konsumen terhadap pengalaman terintegrasi yang disediakan kepemilikan Apple atas iOS," ujar Loup Ventures dalam keterangan.

Lebih lanjut Gene Munster dari Loup Ventures menambahkan, "Secara terpisah, pemilik iOS memiliki pendapatan yang dapat dibuang lebih banyak daripada rata-rata pemilik Android yang berperan dalam penambahan pelanggan berbayar."

Kendati demikian, Apple Music terbilang masuk cukup jauh untuk menyaingi atau menyamakan jumlah pelanggan berbayar Spotify, yang masing-masing mencapai 82 juta dan 138 juta. Sementara itu, mengingat Spotify memiliki layanan gratis, basis pelanggan layanannya secara keseluruhan jauh lebih besar.

Baca Juga:

Maizura dan JFlow Rilis Lagu 'Candu Asmara' dengan Nuansa Baru

Apple Music masih terbilang cukup jauh untuk menyaingi Spotify (Foto: pixabay/mih83)

Spotify diluncurkan pada September 2008 oleh Swedia startup Spotify AB. Pada Juni 2015, Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar.

Spotify beroperasi di bawah model bisnis freemium, dengan dua streaming musik tingkatan: Spotify Gratis dan Spotify Premium. Berlangganan Premium dapat menghapus iklan, meningkatkan kualitas audio, dan memungkinkan pengguna untuk mengunduh musik dan mendengarkan secara offline.

Sementara itu, Apple Music merupakan layanan streaming musik dan video yang dikembangkan Apple Inc. Pengguna bisa memilih musik untuk dialirkan ke perangkat mereka sesuai permintaan atau mereka dapat mendengarkan daftar putar yang ada dan dikurasi.

Layanan tersebut mencakup stasiun radio Internet Apple Music 1, Apple Music Hits, dan Apple Music Country yang disiarkan langsung ke lebih dari 160 negara 24 jam sehari. Layanan itu diumumkan pada 8 Juni 2015 dan diluncurkan pada 30 Juni 2015 di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. (Ryn)

Baca Juga:

Single 'Dynamite' BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH