Pertimbangkan Hal Berikut Saat Membeli Tabir Surya Pixabay/kaboompics

INGAT melakukan aktivitas outdoor bersama teman? Jangan lupa membawa tabir surya. Tinggal di daerah tropis membuat kita membutuhkan tabir surya. Tabir surya tak hanya membuat kita terhindar dari kulit kusam tetapi juga melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Kamu mungkin bertanya-tanya, seberapa penting mengaplikasikan tabir surya? Tabir surya menciptakan lapisan pelindung di kulit sehingga membuat tubuh kita terhindar dari sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Jika kita tak mengoleskan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, kulit kita mungkin akan mengalami kerusakan dan penuaan dini. Itulah sebabnya, mengoleskan tabir surya sebelum melakukan aktivitas outdoor penting.

Pentingnya menggunakan tabir surya di daerah tropis membuat berbagai perusahaan kecantikan menawarkan produk tabir surya. Kita pun kebingungan menentukan skincare yang cocok untuk kulit. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli tabir surya:

1. Periksa Kandungan SPF

Sumber: StyleCaster
Sumber: StyleCaster

Hal pertama yang harus diperhatikan saat hendak membeli tabir surya adalah kandungan SPF (Sun Protection Factor) di dalamnya. Kandungan SPF merupakan hal esensial dalam produk tabir surya. Semakin tinggi kandungan SPF di dalamnya, maka semakin baik produk tersebut. Kulit kita pun akan semakin terlindungi dengan baik.

Sesuaikan penggunaan tabir surya dengan iklim di daerah tempat tinggalmu. Bagi kalian yang tinggal di daerah Jakarta, Surabaya, atau daerah dengan intensitas matahari tinggi lainnya, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30. Namun jika kalian tinggal di derah dengan intensitas sinar matahari rendah, tabir surya dengan kandungan SPF rendah cukup membantu.

2. Lihat Tanggal Produksi

Sumber: wikiHow
Sumber: wikiHow

Perhatikan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa dari tabir surya yang kita beli. Layaknya makanan, kosmetik dan skincare lainnya memiliki tanggal kadaluwarsa. Kosmetik atau skincare yang telah kadaluwarsa membuat perlindungan tak berjalan maksimal. Selain itu, kosmetik atau skincare kadaluwarsa akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit.

3. Pilihlah Tabir Surya Yang Tahan Keringat

Sumber: The Brunette Diaries
Sumber: The Brunette Diaries

Ketika beraktivitas di luar ruangan, cuaca dan gerak membuat tubuh kita memproduksi lebih banyak keringat. Pilihlah tabir surya yang sweat resistant. Tabir surya yang tak tahan keringat akan cepat luntur saat kita beraktivitas di luar ruangan. Akibatnya, kulit kita tak terlindungi dengan baik dan penggunaan tabir surya akan sia-sia.

4. Aman di Gunakan Anak-Anak

Sumber: Viewpoints.com
Sumber: Viewpoints.com

Tabir surya tak hanya digunakan oleh orang dewasa tetapi juga perlu digunakan oleh anak-anak. Jika kamu memiliki anak di rumah. Gunakan tabir surya yang aman digunakan anak-anak. Sehingga tabir surya bisa digunakan bersama-sama.

5. Aman Untuk Kulit Berjerawat

Pixabay/Kjerstin_Michaela
Pixabay/Kjerstin_Michaela

Kulit berjerawat membutuhkan perawatan ekstra dan hati-hati. Untuk itu, penting bagi pemilik kulit berjerawat untuk memilih tabir surya yang aman digunakan. Jika salah memilih tabir surya, jerawat pun akan semakin bermunculan dan tak menutup kemungkinan membuat jerawat meradang. Ketika membeli tabir surya, pilihlah tabir surya dengan tulisan “suitable for all skin type” agar kita bisa menggunakan dengan aman.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli tabir surya. Jangan tergiur dengan brand terkenal atau harga murah. Pemakaian tabir surya yang cocok dengan kondisi kulit dan kondisi cuaca jauh lebih efektif. (Avia)

Kredit : iftinavia


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH