Pertimbangan PSSI Tetap Lanjutkan Liga 1 di Bali

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 06 Februari 2022
Pertimbangan PSSI Tetap Lanjutkan Liga 1 di Bali
Liga 1 2021/2022. Foto: PT LIB

MerahPutih.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan emergency meeting untuk menyikapi lanjutan Liga 1 2021/2022 Seri IV yang berlangsung di Bali.

Seperti diketahui dalam Seri IV di Bali sedikitnya ada sekitar 100 pemain plus ofisial yang terpapar COVID-19. Namun, tingkat kesembuhan juga relatif tinggi, yakni sebanyak 70 persen dalam rentang waktu 4-5 hari.

Baca Juga

Menpora Sudah Diskusi dengan Shin Tae-yong soal Pemain Keturunan

Sekjen PSSI, Yunus Yusri menyampaikan, setelah melakukan rapat melalui virtual zoom, akhirnya disepakati Liga 1 terus dilanjutkan di Pulau Bali dengan berbagai pertimbangan

Lanjut Yunus, pertimbangan itu antara lain terkait jadwal Liga 1, FIFA, AFC, dan AFF, perjanjian dengan broadcaster, kontrak pemain, dan lain-lain.

Selain itu merujuk regulasi Liga 1 pada Ayat 5: “Jika ada pemain dan/atau ofisial yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus COVID-19 yang terkonfirmasi oleh Satuan Tugas COVID-19, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili/lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan."

Baca Juga

Jayden Oosterwolde, Pemain Keturunan yang Tolak Timnas Indonesia Kini Bermain di Parma

Itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pertandingan tetap dapat dijalankan sesuai jadwal. (prosedur pengesahan pemain tetap sama).

Sedangkan Ayat 6: Untuk menghindari keraguan, keberadaan kasus COVID-19 yang dikonfirmasi untuk Individu mana pun tidak akan berdampak pada penjadwalan Pertandingan. Hanya individu tersebut yang tidak diizinkan bertanding dan mendapat penanganan Satgas COVId-19. Sedangkan Pertandingan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Ayat 7: Dalam keadaan luar biasa, di mana setelah swab tes rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka LIB dan PSSI bisa segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan akan bersifat final. (*)

Baca Juga

Profil Cyrus Margono: Kiper Panathinaikos yang Ngebet Bela Timnas Indonesia

#PSSI #PT Liga Indonesia Baru #Liga 1
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan