Pertikaian antara Infinix dan Xiaomi Kian Memanas Brand ponsel Infinix dan Xiaomi baru-baru ini dikabarkan tengah bertikai perihal unggahan komparasi (Foto: infinix)

INDUSTRI smartphone terkenal sarat akan persaingan sengit serta sikut menyikut antar-brand. Terlebih pada saat momen kampanye peluncuran produk baru berlangsung.

Banyaknya konten komparasi dari akun pengulas teknologi atau gawai bertebaran di bagian eksplor atau saran media sosial.

Baca Juga:

Ponsel Gaming Infinix X Mobile Legends: Bang Bang Segera Diluncurkan

Belum lama ini dunia ponsel pintar kembali dihebohkan dengan kasus pertikaian online antara Xiaomi dan Infinix. Pertikaian itu disinyalir berawal dari kekeliruan komparasi pada akun IG resmi Infinix.

Berawal dari unggahan perbandingan antara infinix dan ponsel pintar yang diberi julukan 'katanya jawara' (Foto: screenshot instagram/siaran pers infinix)

Pada akunnya (@infinixid), Infinix memposting perbandingan antara smartphone terbarunya, yakni Hot 10S dengan smartphone yang diberi julukan “Katanya Jawara”.

Postingan ini semakin viral saat akun resmi POCO dan Country Director Xiaomi, Alvin Tse turut meninggalkan komentar pada postingan komparasi Infinix.

Alvin menyatakan penyesalannya di kolom komentar, dan berkata bahwa jika benar yang dimaksud Infinix adalah Redmi 9T, menurutnya informasi pada konten komparasi tersebut tidak adil dan tergolong menyesatkan.

Country Director Xiaomi, Alvin Tse, menyatakan penyesalannya di kolom komentar (Foto: screenshot intagram/siaran pers infinix)

Alvin bahkan menyampaikan keinginannya untuk meneruskan hal ini ke Kementrian untuk diusut lebih lanjut.

Sebuah akun dengan username @ffarliani memposting konten from this/to this terkait komparasi Infinix VS smartphone dengan jargon ‘Jawara’ dan momen saat Alvin Tse memberikan komentarnya.

Hal ini membuat semakin banyak warganet yang belum mengetahui isu antara Infinix dan Xiaomi berbondong-bondong menyambangi akun IG Infinix.

Tetapi, selang beberapa saat Alvin memberikan komentarnya, warganet tidak dapat lagi menemukan balasan sang Country Director.

Selanjutnya, lewat cuitan @ffarliani yang mendapat banyak impresi, Alvin menyampaikan bahwa ia tidak terima produknya dipublikasi secara tidak adil. Ia juga menduga bahwa pihak Infinix telah menyembunyikan atau menghapus komentarnya.

Alvin menyampaikan bahwa ia tidak terima produknya dipublikasi secara tidak adil (Foto: screenshot (Foto: screenshot twitter/siaran pers infinix)

Kejadian ini membuat warganet, khususnya MiFans, semakin geram dan tak henti-hentinya menyerbu postingan komparasi di IG Infinix.

Namun, setelah dikonfirmasi dengan pihak Infinix, mereka menyatakan bahwa komentar yang diposting Alvin Tse tidak pernah disembunyikan apalagi dihapus.

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa POCO lebih dahulu memposting konten komparasi antara Poco M3 dengan smartphone yang diberi label ‘Entry-Level’ dan watermark ‘Hot 10S’ pada background.

Melihat watermark serta spesifikasi pada konten itu, warganet langsung mengetahui, bahwa smartphone yang dijadikan pembanding Poco M3 adalah Infinix Hot 10S.

Dari fakta di atas, mayoritas warganet yang semula condong ke arah Xiaomi mulai bersikap lebih netral dan tidak larut dalam aksi yang terkesan seperti sebuah persekusi.

Baca Juga:

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera Ponsel

Kejadian seperti ini mungkin bukan yang pertama kali di industri smartphone, terlebih ketika suatu brand baru saja meluncurkan produk barunya, seperti Infinix Hot 10S, dan pesaing merasa ada ancaman baru yang bisa menyalip pasar mereka.

Namun sejatinya, kasus ini merupakan pelajaran yang sangat berharga baik untuk Infinix maupun Xiaomi, sebab brand yang berkelas tidak fokus dengan ancaman yang timbul. Brand yang berkelas justru merasa semangat untuk bersaing lewat kreatifitas, bukan adu komunitas. (Ryn)

Baca Juga:

Mengenal 'Heads Up' Fitur Baru untuk Ponsel Android

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nissan Katakan Tidak dalam Diskusi untuk Mobil Apple
Fun
Nissan Katakan Tidak dalam Diskusi untuk Mobil Apple

Financial Times melaporkan bahwa Apple telah mendekati perusahaan mobil dari Jepang tentang potensi kemitraan

Ketika Banyak Musisi Absen dari Grammy Awards 2021
ShowBiz
Ariana Grande Bakal Rilis Album Baru di Oktober 2020
ShowBiz
Ariana Grande Bakal Rilis Album Baru di Oktober 2020

Belum dipastikan nama dan kapan tanggal rilis album tebarunya.

Fast & Furious 9 akan Diputar di Festival Film Cannes 2021
ShowBiz
Fast & Furious 9 akan Diputar di Festival Film Cannes 2021

F9 dianggap sebagai blockbuster planet.

Berkemah di Pulau Tak Berpenghuni di Jepang
Fun
Berkemah di Pulau Tak Berpenghuni di Jepang

Ada satu destinasi wisata di Negeri Sakura yang sangat cocok untuk memenuhi jiwa petualangmu.

Hobi Baru Selama Pandemi, Memasukkan Barang ke Keranjang Online Tapi Tidak Beli
Fun
Amazon Luna, Platform Cloud Gaming Mirip Google Stadia
Fun
Amazon Luna, Platform Cloud Gaming Mirip Google Stadia

Amazon Luna menggunakan Vulkan yang berbasis sistem operasi Linux.

Danilo Petrucci Pindah ke KTM
Fun
Danilo Petrucci Pindah ke KTM

Kali ini Danilo Petruci membalap dengan sepeda motor KTM.

‘The Ashes That We Shared’ Menjadi Penutup Trilogi Single Gergasi Api
ShowBiz
‘The Ashes That We Shared’ Menjadi Penutup Trilogi Single Gergasi Api

Lagu berjudul That Ashes That We Shared telah dirilis pada 6 Mei 2021.

Instagram bukan lagi Aplikasi Berbagi Foto
Fun
Instagram bukan lagi Aplikasi Berbagi Foto

Berkaca dari pesatnya TikTok dan YouTube.