Pertemuan Penyair Lima Negara Digelar di Banten Desember Ini Penanggungjawab PPN X Chavcay Syaifullah. (MP/Sucitra De)

PERHELATAN pertemuan penyair negara-negara Asia Tenggara yang ke sepuluh akan digelar di Banten 15-17 Oktober 2015 mendatang. Penyair dari negeri Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan tentu saja Indonesia akan berkumpul membahas tema perdamaian dunia.

Penanggung jawab Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) X Chavcay Syaifullah mengatakan, PPN kali ini akan bertema "Puisi Untuk Perdamaian Dunia" yang digelar dengan semangat kemandirian.

"Di tengah merebaknya konflik, kekerasan, dan perang di sejumlah negara, sudah sepatutnya mendapatkan empati, kepedulian, dan sikap dari kita sebagai penyair. Benturan berdarah di Myanmar, Irak, Libya, Suriah, Mesir, Prancis, Inggris, dan di kawasan lainnya semakin menambah luka sejarah peradaban manusia," katanya, Selasa (10/10/2017) di Kota Serang.

Panitia PPN X, menerapkan sistem seleksi yang terbuka, spesifiknya menyeleksi karya-karya penya'ir yang kepantasannya dikurotari oleh para penyair ternama seperti Ahmadun Yosi Herfanda (Indonesia), Djamal Tukimin (Singapura), Moh Saleeh Rahamad (Malaysia), Jeffri Arif (Brunei Darussalam), dan Nik Rakib bin Nik Hasan (Thailand).

"Penerimaan karya untuk diseleksi Kurator PPN X berlangsung hingga 25 Oktober dan akan diumumkan hasil seleksinya pada awal November," jelasnya.

Para penyair diharapkan untuk mengirimkan karya satu puisi terbaiknya untuk dikurasi. Tidak boleh lebih dari satu. Panjang puisi tidak dibatasi. Puisi boleh yang sudah terpublikasi di media massa atau media sosial, namun belum terpublikasi di buku kumpulan puisi manapun. Puisi harus yang bersesuaian dengan tema. (*)

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Sucitra De, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Banten dan sekitarnya. Artikel lain bisa baca di Kyai ini Patahkan Mitos Keramatnya Makam Ki Abdullah Anggadirepa



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH