Pertemuan Penyair Lima Negara Akan Dihadiri Oleh Tiga Bintang Ketua Dewan Kesenian Banten Chavcay Syaifullah (MP/Sucitra)

PERTEMUAN Penyair Nusantara X yang merupakan hajat para sastrawan dari lima negara seperti Indonesia, Brunnei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Thailand, yang berlangsung pada 15-17 Desember mendatang di Kota Serang, Banten, akan dihadiri oleh dua sosok penting dalam dunia sastra, dan seorang selebritis.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dewan Kesenian Banten Chavcay Syaifullah selaku penyelenggara yang ditugaskan untuk suksesi hajat tersebut. Sosok pertama adalah Sutardji Calzoum Bachri, pria kelahiran Rengat, Indragiri, Riau, 24 Juni 1941. Ia dianggap sebagai pembaharu perpuisian Indonesia karena konsepsinya tentang pembebasan kata, melepaskan kata dari pengertiannya dan mengembalikan kata pada fungsi mantra.

Sosok berikutnya adalah Jose Rizal Manua, yang tidak hanya merupakan seorang penyair, namun juga seorang dramawan. Teater yang didirikannya menjuarai peringkat pertama Festival Teater Anak-anak Dunia di Lingen, Jerman pada tahun 2006. Ia merupakan aktor pengisi suara film dalam rentang waktu tahun 1993 sampai tahun 2009.

Sosok ketiga adalah nama populer di telinga masyarakat yakni Rieke Dyah Pitaloka. Selebritis yang dengan kejeniusannya mampu memerankan tokoh 'Oneng' dalam sinetron Bajaj Bajuri, penulis, dan hari ini menjadi politisi PDIP.

Chavcay mengatakan, ketiganya sudah memastikan diri akan hadir di kota Serang, bersatu padu dengan seluruh penyair nusantara dalam Tema Puisi Untuk Perdamaian Dunia, "Insya Allah semuanya hadir, masing-masing sudah mengkonfirmasi akan datang ke Serang," katanya, Kamis (7/12). (*)

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Sucitra De, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Banten dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH