Headline

Pertemuan Mega dan Prabowo Bisa Jadi Bentuk Persiapan Koalisi Hingga Prakondisi Menuju 2024

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 24 Juli 2019
  Pertemuan Mega dan Prabowo Bisa Jadi Bentuk Persiapan Koalisi Hingga Prakondisi Menuju 2024
Pertemuan kedua pimpinan partai politik Prabowo Subianto dan Megawati di Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7) (Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf)

MerahPutih.Com - Pertemuan atau silaturahmi politik Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto kontan menimbulkan banyak tafsir dan tanggapan.

Sebagian menilai pertemuan kedua pimpinan partai politik itu sebagai bagian dari rekonsilisiasi pasca Pilpres 2019. Namun tak sedikit yang menganggap pertemuan di kediaman Mega, kawasan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7) itu sebagai persiapan koalisi hingga prakondisi menuju Pilpres 2024.

Baca Juga: Luluh Gara-Gara Nasi Goreng Buatan Megawati, Prabowo: Saya Sampai Nambah

Dalam pandangan analis politik Wempy Hadir, pertemuan Mega dan Prabo bisa saja membahas bagaiman kontribusi Partai Gerindra dalam pemerintahan lima tahun yang akan datang.

Lebih lanjut, menurut Wempy jika Gerindra masuk dalam koalisi tentu ada konsekwensi logis yakni mereka mesti mendukung segala kebijakan yang diambil Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Pengamat Politik Wempy Hadir nilai pertemuan Mega dan Prabowo persiapan Pilpres 2024
Pengamat politik Wempy Hadir (Foto: Dok Pribadi)

"Tentu kebijakan yang dibuat adalah untuk kepentingan bangsa yang lebih besar. Jadi bisa saja publik menilai bahwa Gerindra sedang menjajaki untuk bergabung dengan koalisi pemerintah," kata Wempy kepada MerahPutih.Com di Jakarta, Rabu (24/7).

Direktur Indo Polling Network ini menambahkan, pertemuan ini bisa juga dibaca sebagai prakoalisi menuju 2024.

Jika tingkat elektabilitas Prabowo masih bagus menuju pilpres periode yang datang, maka bukan tidak mungkin dia akan bertarung.

"Tentu dia sangat berharap untuk menggandeng kader dari PDI Perjuangan. Sebab PDI Perjuangan mempunyai kekuatan politik baik di legislatif maupun di eksekutif," ungkap Wempy.

Di legislatif, PDI Perjuangan merupakan peraih suara terbanyak di Senayan. Sementara di eksekutif, presiden merupakan merupakan kader PDIP.

"Jadi tidak heran Prabowo melakukan pendekatan secara personal dengan Megawati. Tujuannya adalah agar bisa membangun kekuatan bersama," ungkap Wempy.

Ia kemudian menambahkan secara politik, Gerindra masuk dalam barisan partai nasionalis dan itu memperat hubungan dengan PDI Perjuangan.

Megawati dan Prabowo di Kediaman Mega, Teuku Umar Jakarta Pusat
Prabowo dan Megawati di kediaman Mega, kawasan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7) (Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf)

"Apalagi kedua partai ini merupakan partai papan atas yang berhaluan nasionalis. Secara politik kedua partai ini sangat memiliki kekuatan yang dominan," tambahnya.

Baca Juga: Megawati Turun Tangan Pantau Calon Menteri, PDIP: Beliau Psikolog

Wempy melihat bahwa pertemuan ini juga memberi sinyal bahwa Prabowo dan partainya ingin menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi-Maruf.

Dengan demikian, pembahasan mengenai peran apa yang diterima Partai Gerindra.

"Misalnya saja, bisa Gerindra mendapatkan jatah mentri atau posisi yang lain;" terang Wempy.

Soal menu makanan nasi goreng yang disajikan, Wempy melihat hal ini tak lepas dari citra PDI Perjuangan yang merupakan partai wong cilik.

"Hal ini disimbolkan dengan makan nasi goreng. Selain itu, ini juga sebagai simbol kesederhanaan diantara dua tokoh partai besar ini," tutup Wempy Hadir.(Knu)

Baca Juga: Gerindra: Jokowi Terlahir dari Kreasi Politik Prabowo dan Mega

#Megawati Soekarnoputri #Prabowo Subianto #PDI Perjuangan #Partai Gerindra
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan