Pertarungan Sengit para Barista di True Brew Competition Pertarungan para barista andal di True Brew Competition berlangsung sangat ketat (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

KOMPETISI menyeduh kopi secara manual dengan alat-alat populer seperti V60, French Press, Chemex, hingga Aeropress sudah jamak digelar. Pesertanya pun tak sedikit. Kini, untuk pertama kali, digelar kompetisi true brew. Ajang itu menyajikan adu kepiawaian dalam menyeduh kopi dengan teknik kopi tubruk yang merupakan cara sangat sederhana.

True Brew Competition merupakan kompetisi kopi tubruk pertama di Indonesia yang digelar Coffee Culture yang bekerja sama dengan tim co-branding Kementerian Pariwisata. Kompetisi ini diselenggarakan di Courtyard, The Dharmawangsa, Jakarta, Senin (3/12)

Koordinator dari True Brew Competition Jay Wijayanto mengatakan kompetisi ini bertujuan mengangkat lebih jauh lagi kebudayaan kopi Indonesia. Kebudayaan kopi Indonesia layak mendapat tempat terhormat di kebudayaan internasional. Pria yang akrab disapa Mas Jay ini juga merasa senang karena antusias masyarakat begitu luar biasa terhadap kompetisi ini.

"Hari ini para barista ditantang menampilkan jurus dasar atau jurus basic dalam penyajian kopi. Animo masyarakat terhadap kompetisi ini begitu besar. Para pesertanya pun sangat antusias, khususnya karena ini kompetisi kopi tubruk pertama di Indonesia bahkan dunia," tutur Jay saat ditemui Merahputih.com di sela-sela acara True Brew Competition, di The Dharmawangsa, Jakarta, Senin (3/12).

1. Para Barista Mengikuti Kompetisi Melalui Penyaringan Ketat

Seluruh peserta telah melalui seleksi ketat untuk bisa mengikuti True Brew Competition. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)


Hanya ada 32 peserta yang berlaga di kompetisi ini. Padahal, yang mendaftar ada lebih dari 40 orang. Oleh karena itu, para peserta yang berhak mengikuti kompetisi dikurasi berdasarkan latar belakang tentang dunia kopi, prestasi, dan pengalaman mereka di dunia kopi. Mereka yang terpilih dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu.

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH