Pertamina Tambah Pasokan 33.760 Tabung Elpiji 3 KG di Yogyakarta Ilustrasi gas melon (Foto: MerahPutih/Teresa Ika)

MerahPutih.com - PT Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (Jateng dan DI Yogyakarta) membantah terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kilogram dibeberapa wilayah DIY. Manajer Humas Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (Jateng dan DIY), Andar Titi Lestari memastikan ketersediaan tabung gas elpiji 3 kilogram dalam keadaan normal. Bahkan pihaknya sudah menggelontorkan tabung elpiji 3 kilogram tambahan ke pasaran.

"Total sebanyak 33.760 tabung sudah kami tambahkan dibeberapa wilayah DI Yogyakarta . Itu tambahan dari kebutuhan normal warga DIY yang rata-rata perbulannya sebanyak 1 juta tabung," jelas Andar melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (12/10).

Ia juga meyakinkan tak adanya keterlambatan pengiriman tabung gas tambahan ini dari Pertamina pusat. Menurut dia, beberapa warga sulit mendapatkan gas elpiji 3 kilogram disebabkan oleh banyak faktor di antaranya adanya peningkatan permintaan gas Melon, dan makin banyaknya Umkm yang menggunakan elpiji 3 kilogram. Padahal elpiji 3 kilogram adalah gas bersubsidi yang diperuntukkan untuk warga kurang mampu.

Agar tidak terjadi penyelewengan kembali, pihaknya terus melakukan upaya pengawasan bekerjasama dengan Hiswana Migas, Disperindag dan kepolisian setempat.

"Kami berkoordinasi penuh dengan Hiswana, Disperindag dan dinas terkait untuk bersama melakukan pengawasan dan pengevaluasian pendistribusian elpiji 3 kilogram tepat sasaran. Kami harap masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa karena Pertamina selalu mengevaluasi kebutuhan real pengunaan elpiji 3 kilogram, apabila dirasa kurang Pertamina akan mensuplai elpiji 3 kilogram secukupnya sesuai kebutuhan di wilayah tersebut.”tutupnya.

Ke 33.760 tabung elpiji 3 kilogram yang ditambahkan terdiri dari 4.600 tabung di Kabupaten Bantul, 7.040 tabung di Kabupaten Gunung Kidul, 5.040 tabung di Kabupaten Kulon Progo, 9.840 tabung di Kabupaten Sleman dan 7.240 tabung di Kota Yogyakarta.

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Baru Datang, Ratusan Tabung Elpiji 3 KG Ludes Diborong Warga DIY



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH