Pertamina Bentuk Satgas BBM & LPG Idul Fitri 2018

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 17 Mei 2018
Pertamina Bentuk Satgas BBM & LPG Idul Fitri 2018
SPBU. Foto: Antara

MerahPutih.com - PT Pertamina (Persero) membentuk Satuan Tugas (Satgas) BBM & LPG Idul Fitri 2018 dalam menghadapi lonjakan kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 H.

Satgas BBM ini bertugas mengawal ketersediaan dan kelancaran distribusi ke seluruh wilayah NKRI serta melayani kebutuhan BBM & LPG bagi masyarakat khususnya pemudik selama Puasa dan Idul Fitri 2018. Satgas BBM akan mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

"Memastikan ketersediaan BBM dan bagi masyarakat selama puasa, arus mudik maupun arus balik," kata Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati saat ditemui di Jakarta.

Dirut pertamina
Nicke Widyawati. Foto: Pertamina

Pertamina sudah melakukan evaluasi terkait potensi adanya peningkatan konsumsi BBM hingga lebaran. Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan dalam menghadapi puasa dan Idul Fitri 2018 Pertamina melakukan persiapan dimulai dari penyediaan stok BBM.

"Nanti pada saat jelang arus mudik balik akan dilakukan penambahan armada mobil tangki beserta awaknya, membuat kantong BBM di SPBU sebagai BBM cadangan, menyiapkan BBM kemasan serta SPPBE Kantong,” kata Adiatma, dikutip dari Kabaroto.com, Kamis (17/5).

Tahun sebelumnya, untuk melayani pemudik, Pertamina juga telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna mengantisipasi kelancaran pasokan BBM, antara lain membangun KiosK/Serambi PX, Mobil Dispenser Unit, BBM Kemasan di SPBU serta Motor/Mobil Pengantar Kemasan BBM. Layanan khusus ini akan disediakan di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa baik jalan tol maupun non tol serta jalur Sumatera.

SPBU
Ilustrasi (MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Adiatma, semua layanan ini sebagai komitmen Pertamina untuk memberikan kemudahan dan menambah kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan mudik, sehingga tidak khawatir kehabisan BBM di tengah perjalanan.

Selama Puasa dan Idul Fitri 2018 konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 15 persen. Mengantasipasi hal tersebut, Pertamina akan meningkatkan stok dan penyaluran BBM selama Puasa dan Idul Fitri dari rata-rata harian normal gasoline 90 ribu kiloliter menjadi 104 ribu kiloliter per hari. (*)

#Stok BBM #Pertamina #Ramadan #Idul Fitri
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan