Pertamina Bangun Taman Terumbu Karang Beberapa penyelam mengikat terumbu karang ke modul di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (17/8). (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

MerahPutih.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau membangun taman terumbu karang di Kota Pariaman, Sumatera Barat, sebagai upaya pelestarian ekosistem laut daerah itu.

"Taman terumbu karang merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas upaya pelestarian ekosistem laut, khususnya di wilayah pesisir yang ada di sekitar operasi Pertamina," kata Operation Head DPPU Minangkabau Ridwan di Pariaman, Selasa (5/9).

Ia menambahkan terumbu karang memiliki peran dan fungsi penting bagi kesuburan perairan laut, termasuk melindungi organisme biota laut.

Sehingga, tambahnya keberadaan taman terumbu karang di Pariaman diharapkan mampu menyelamatkan ekosistem dan habitat laut yang ada di wilayah pesisir provinsi itu. Hal itu termasuk habitat penyu di sekitar pantai Pariaman.

Pertamina juga melaksanakan pelepasan 5.000 anak penyu atau tukik ke laut lepas sehingga diharapkan keberadaan terumbu karang dapat menjaga keberlangsungan hidup penyu di sepanjang pantai tersebut.

Ia mengatakan bantuan penanaman taman terumbu karang tersebut senilai Rp 200 juta yang terdiri dari ratusan rangka besi beton. Kemudian rangka besi beton tersebut dibentuk menjadi taman terumbu karang di dasar laut, ujar dia.

Sementara itu Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman mengemukakan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut merupakan bentuk kepedulian pihak Pertamina DPPU Minangkabau dalam menyelamatkan ekosistem bawah laut.

"Dana CSR yang diserahkan ke komunitas Tabuik Diving Club digunakan untuk pembuatan taman bawah laut di perairan laut Kota Pariaman," ujar dia. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH