Pertamina Bagikan Gas Elpiji 3 Kilogram Gratis ke Nelayan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 11 Desember 2017
Pertamina Bagikan Gas Elpiji 3 Kilogram Gratis ke Nelayan
Elpiji 3 kilogram. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

MerahaPutih.com - PT Pertamina mendistribusikan paket perdana elpiji 3 kg kepada 100 nelayan kecil di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"Ada tiga desa yang kami berikan paket perdana Elpiji 3 kg untuk para nelayan, yaitu Desa Ambulu, Desa Waru Duwur, dan Desa Bungko," kata Unit Manager Communication & CSR MOR III PT Pertamina Dian Hapsari Firasati di Cirebon, Senin (11/12).

Menurutnya, Pertamina mendapat amanah untuk melakukan konversi BBM ke BBG secara konsisten melaksanakan penyediaan, distribusi, dan pemasangan paket perdana elpiji untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil di berbagai daerah seluruh Indonesia.

Dian meyebutkan paket perdana elpiji 3 kg itu terdiri dari satu unit mesin, regulator untuk tekanan rendah untuk tabung elpiji, dua tabung elpiji 3 kg dan satu set konverter kit beserta aksesoris dan satu Unit Coupler beserta baling-baling.

"Dengan paket perdana ini, para nelayan kecil bisa mengkonversi BBM ke BBG untuk melaut dengan kapalnya," tuturnya.

Distribusi paket perdana elpiji 3 kg di Cirebon ini merupakan bagian dari penugasan Pemerintah kepada Pertamina untuk konversi BBM ke BBG sejak 2016.

Pada 2017, kata Dian, Pemerintah menugaskan Pertamina untuk mendistribusikan Paket Perdana elpiji 3 kg sebanyak 32.872 paket untuk 38 kabupaten/kota.

Paket tersebut tersebar di Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

"Distribusi Paket Perdana elpiji 3 kg kepada nelayan kecil sekaligus untuk mendukung ketahanan energi sesuai Perpres No 126/2015 tentang, Penyediaan dan Penetapan Harga elpiji untuk Kapal Perikanan Bagi Nelayan Kecil," katanya.

Dian menambahkan dengan pemanfaatan elpiji 3 kg bagi nelayan kecil akan memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama untuk nelayan melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar, membantu ekonomi masyarakat nelayan menuju ekonomi masyarakat dan ramah lingkungan, serta mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

"Dengan harga terjangkau, elpiji 3 kg untuk nelayan kecil itu sulit diselewengkan oleh kapal-kapal perikanan besar yang tidak berhak," katanya. (*)

#Gas Elpiji 3 Kg #PT Pertamina
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan