Pertama Kalinya, Ferrari 488 Pista Hadir di indonesia Ferrari 488 Pista (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

SIAPA tak kenal dengan tunggangan mewah berlogo kuda jingkrak, Ferrari. Produsen super car dan mobil balap asal Italia ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Berbicara soal Ferrari, baru-baru ini Ferrari Jakarta menghadirkan unit pertama Ferrari 488 Pista di Indonesia.

Peluncuran tersebut bersamaan dengan acara silaturahmi buka puasa bersama media, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Dalam acara itu, turut hadir pula dari Pemilik Daeler & CEO Ferrari Jakarta, Indraguna Sutowo.

Pemilik Daeler & CEO Ferrari Jakarta, Indraguna Sutowo saat memberikan sambutan (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)



Dalam sambutannya singkatnya, Indraguna Sutowo menuturkan jika Ferrari 488 Pista merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu-tunggu.

"Ferrari 488 Pista ini sebuah produk yang sangat dtitunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrri di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia, ini merupakan penampilan perdana dari salah satu lansiran produk Maranello yang hadir di tanah air" ucap Indraguna Sutowo, CEO Ferrari Jakarta, saat ditemui merahputih.com dikawasan Stadium Utama Gelora Bung Karno, Kamis (8/5).

Ferrari 488 Posta merupakan salah satu penerus seri spesial Ferrari yang berbekal mesin V8 seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale, yang banyak mendapatkan pujian dalam hal performa dan handling yang luar biasa.

Super car yang satu ini juga menandai sebuah langkah maju yang cukup signifikan dari seri spesial sebelumnya. Dari mulai segi dinamika sporty, maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari mobil balap.

Ferrari 488 Pista dibekali mesin V8 (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pengembangan mobil tersebut telah berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship. Di mana Ferrari sudah memenangkan lima gelar manufacturer terbaik di kelas GTE dalam tenam tahun sejak awal seri.

Tak hanya itu, FErrari juga telah menjuarai 29 dari 50 seri balapan dan 25 tahun pengalaman serta menjalankan Ferrari Challenge one-make series.

Pada Ferrari 488 Pista, bobotnya lebih ringan dari generasi sebelumnya. Pada Ferrari 488 Pista juga telah dilakukan pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan merupakan inspirasi dari mobil balap Ferrari 488 GTE dan 488 Challenge.

Hasilnya mobil Ferrari 488 Pista menjadi sebuah mobil yang menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap. Baik saat dikendarai di jalan raya ataupun di sirkuit. Bahkan jika dikendarai oleh pengendara non-professional.

Ferrari 488 Pista tawarkan performa layaknya mobil balap (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)



Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu 488 GTB, model baru ini lebih ringan 90kg (1280 kg bobot kering). Jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil spesial series (+50 hp) maka akan menghasilkan performa baru untuk Ferrari dengan mesin V8.

DAri segi kaki-kaki, suspensi pada Ferrari 488 Pista telah disempurnakan. Untuk bagian ban juga terdapat sentuhan baru yang dikembangkan khusus oleh Michelin untuk 48 Pista.

Untuk desain 488 Pista difokuskan pada Konsep Aerodinamis fungsional, sementara bagian kokpit dirubah ulang dengan tema sporty. Desainnya menggunakan elemen inovatif seperti S-Duct Aerodinamis pada bagian depan, hal itu guna memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengembang.

Terdapat juga skema warna-warna balap, merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang diringkas, tapi berkesan.

Pada bagian sisi juga terlihat begitu kontras dengan elemen aerodinamis, seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.

Desain bagian belakang yang sangat gagah (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)



Konsep pada bagian depan pun tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba, yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien. Sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.

Lalu ada satu hal yang cukup menarik pada Ferrari 488 Pista ini, Karena untuk pertama kalinya Ferrari memilih pelek karbon baru berukuran 20 inci. Sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon ialah kap mesin, bemper dan juga spoiler belakang. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala