Pertama Kalinya Arab Saudi Adakan Festival Jazz

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 24 Februari 2018
Pertama Kalinya Arab Saudi Adakan Festival Jazz
Ilustrasi. (Foto: pixabay)

ARAB Saudi mulai melunak dalam menegakan aturan-aturan Islam. Hal itu dibuktikan dengan adanya acara di tempat terbuka sebagai usaha untuk menghapus kesan konservatif, salah satunya festival jazz yang untuk pertama kalinya digelar di Saudi Arabia, Jumat (23/2).

Seperti yang diberitakan Reuters melalui Antara, di acara tersebut warga lokal maupun asing memadati festival tiga hari itu yang dimeriahkan oleh grup musik dari Riyadh, Beirut dan New Orleans. Penonton pun ikut menyanyi bersama ketika Chady Nashef asal Lebanon membawakan lagu Hotel California milik The Eagles.

Sehari sebelumnya, Badan Hiburan Umum mengumumkan bahwa mereka akan menggelar lebih dari 5.000 pertunjukan, festival dan konser salama 2018, dua kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Berbagai pagelaran yang dilakukan Abar Saudi dipicu oleh motif ekonomi, yaitu bagian dari reformasi program untuk melakukan diversifikasi ekonomi, agar negara tidak tergantung kepada minyak bumi dan sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi kaum muda.

Reformasi secara perlahan sudah berlangsung di negara kerajaan tersebut, yang ditandai dengan dicabutnya larangan menonton di bioskop yang sudah berlangsung selama 35 tahun dan larangan bagi wanita mengemudi. (*)

#Musisi Jazz #Musik Jazz
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan