Teknologi
Pertama, Facebook Luncurkan Kacamata Pintar Kacamata pintar buatan Facebook memberikan pengalaman yang menarik.(instagram romytechmx)

FACEBOOK meluncurkan kacamata pintar pertama mereka, Kamis (9/9). Peluncuran gawai terkini itu sebagai langkah menuju tujuannya menawarkan kacamata augmented reality (AR) sejati.

Kacamata yang dibuat dengan kerja sama dengan brand Ray-Ban EssilorLuxottica itu memungkinkan pemakainya mendengarkan musik, menerima panggilan, serta mengambil foto dan video pendek kemudian membagikannya di seluruh layanan Facebook. Cukup dengan menggunakan aplikasi pendamping.

BACA JUGA:

Facebook Luncurkan Kantor Virtual Horizon Workrooms

Seperti dilansir Reuters, Facebook mengatakan lini kacamata yang disebut Ray-Ban Stories itu akan dijual mulai dari USD 299 atau sekitar Rp 4.200.000. Raksasa media sosial ini telah melaporkan pendapatan sekitar USD 86 miliar pada 2020. Mereka menghasilkan sebagian besar uang dari iklan. Namun, mereka telah banyak berinvestasi dalam realitas virtual dan augmented demi mengembangkan perangkat keras seperti headset Oculus VR dan mengerjakan teknologi gelang untuk mendukung kacamata augmented reality.

Kepala ilmuwan Facebook mengatakan tahun lalu bahwa perusahaan, dalam 5-10 tahun lagi, dapat membawa kacamata AR untuk dipasarkan. Itu akan menempatkan objek virtual ke pandangan pemakainya tentang dunia nyata.

Perusahaan teknologi besar termasuk Amazon.com, Google Alphabet, Microsoft Corp, Apple, dan Snap telah berlomba mengembangkan berbagai produk kacamata pintar, tetapi penawaran awal seperti Google Glass terbukti sulit dijual kepada konsumen karena alasan harga tinggi dan masalah desain.

Snap, yang meluncurkan kacamata pintar mereka pada 2016, tahun ini meluncurkan kacamata AR tetapi tidak untuk dijual dan hanya ditawarkan kepada pembuat AR. CEO Snap, Evan Spiegel, mengatakan pada 2019 bahwa ia mengharapkan satu dekade sebelum konsumen secara luas mengadopsi kacamata pintar AR.

BACA JUGA:

Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer

CEO Facebook Mark Zuckerberg baru-baru ini mengumumkan perusahaannya sedang membentuk tim untuk bekerja membangun metaverse. "Kami sudah lama percaya bahwa kacamata akan menjadi bagian penting dalam membangun platform komputasi berikutnya," kata Zuckerberg dalam video yang diunggah di halaman Facebook miliknya, Kamis (9/9).

Namun, sebelumnya Facebook, yang telah dikritik atas penanganan data pengguna , mengatakan tidak akan mengakses media yang digunakan pelanggan kacamata pintarnya tanpa persetujuan mereka.

Perusahaan juga mengatakan tidak akan menggunakan konten foto atau video yang diambil menggunakan kacamata dan disimpan di aplikasi Facebook View untuk mempersonalisasi iklan. Mereka mengatakan kacamata pintar itu akan menjadi pengalaman bebas iklan.

Kacamata ini memiliki asisten virtual opsional sehingga foto dan video dapat diambil secara handsfree melalui perintah suara. Facebook mengatakan lampu LED pada kacamata akan muncul saat kamera menyala untuk membuat orang lain sadar saat pemakainya mengambil foto atau video.(jhn)

BACA JUGA:

Semakin Terhubung, Pengguna Facebook Akan Bisa Melihat Instagram Stories

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rayakan Usia Ke-18 Ten2Five Rilis ‘Mas Aku Rindu’
ShowBiz
Rayakan Usia Ke-18 Ten2Five Rilis ‘Mas Aku Rindu’

Ten2Five menghadirkan sebuah lagu terbaru berjudul Mas Aku Rindu yang diproduksi pada masa pandemi COVID-19.

Fakta Unik di Balik Layar 'The Queen's Gambit'
ShowBiz
Fakta Unik di Balik Layar 'The Queen's Gambit'

The Queen's Gambit pantas disebut sebagai salah satu serial terbaik Netflix.

Menstruasi Tidak Teratur Terkait Risiko Kematian Dini?
Fun
Menstruasi Tidak Teratur Terkait Risiko Kematian Dini?

Menstruasi tidak teratur dan siklus yang panjang berisiko pada kematian sebelum usia 70 tahun.

Sepatu Karya Beate Karlsson Ini Bikin Kamu Jadi Monster Rawa
Fun
Sepatu Karya Beate Karlsson Ini Bikin Kamu Jadi Monster Rawa

Sepatu ini terbuat dari limbah pakaian.

Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing
Fun
Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing

Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing Es Goyang memiliki cara pembuatan yang khas dan rasa yang lezat

Cerita Survive dan Evolusi Ras Muhamad Terekam di ‘SATRYO’
ShowBiz
Cerita Survive dan Evolusi Ras Muhamad Terekam di ‘SATRYO’

Tentang survive dan evolusi Ras Muhamad yang tertuang dalam karyanya.

Skincare Lokal Memilih Untuk Tidak Ikut Harbolnas agar Pelanggan Tidak Impulsive Buying
Fun
Enggak Perlu Insecure Lihat Dagangan Orang Lain Lebih Laku
Fun
Enggak Perlu Insecure Lihat Dagangan Orang Lain Lebih Laku

Insecure bisa menjadi hal positif tergantung bagaimana cara kamu memandangnya.