Pertama Di Asia, Cup of Excellence Siap Digelar di Indonesia Tahun ini Mulai tahap seleksi juri nasional pada 21 April 2021. (Foto: Instagram@cupofexcellence.indonesia)

SETELAH berbagai kompetisi yang digelar oleh Indonesia Coffee Event 2020, kali ini akan hadir kompetisi biji kopi terbaik bertajuk Cup of Excellence (COE). Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia yang menggelar kompetisi COE setelah melewati proses panjang sejak 2018 lalu.

Buat kamu yang belum tahu, COE merupakan kompetisi dengan penghargaan paling bergengsi yang diberikan untuk biji-biji kopi terbaik dari sebuah negara.

Persaingan begitu ketat dalam memilih biji kopi terbaik yang diproduksi satu negara dalam kurun waktu panen tertentu. Hanya biji kopi yang memiliki nilai tinggi yang bisa maju untuk berkompetisi.

“Kalau saya bilang COE ini kompetisi di antara para petani yang tujuannya untuk menentukan kopi dengan kualitas yang luar biasa,” kata Michael Utama selaku Ketua COE Indonesia.

Baca juga:

Mengenal 3 Kompetisi Kopi di ICE 2021

“COE juga termasuk dalam kompetisi Indonesia Coffee Event karena ini mencakup nasional dan soon kita akan jadiin satu dengan barista lainnya,” lanjutnya.

Untuk persiapan sejauh ini, Michael dan tim sudah melakukan asosiasi kepada para petani terkait aturan dan regulasinya. Tinggal mencari para sponsor yang ingin mendukung kompetisi COE.

Mengutip Instagram @cupofexcellence.indonesia, jumlah minimum dari setiap lot yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah minimum 250 kilogram dan maksimum 1200 kilogram green bean yang dapat diekspor (ditambah sekitar 10 kg untuk keperluan sample dan cupping).

Sampel dari lot yang dipersiapkan harus memenuhi standar Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yakni tanpa cacata primer dan tidak lebih dari lima cacat sekunder.

Adapun metode pengolahan yang diizinkan untuk mengkuti kompetisi Cup of Excellence, yakni proses kering (natural), proses madu (honey), proses giling kering (dry hulled), dan proses giling basah (wet hulled). Kopi hanya boleh diolah dengan air murni tanpa bahan aditif.

Baca juga:

ICE 2021 Dimulai, Para Barista Siap Bersaing Ketat

Pertama Di Asia, Cup of Excellence Siap Digelar di Indonesia Tahun ini
Terbuka untuk para petani, kelompok tani, koperasi, dan pengolah kopi. (Foto: instagram@cupofexcellence.indonesia)

“Jika ketahuan menggunakan bahan aditif bisa didiskualifikasi langsung,” tegas Michael.

Kopi yang lolos seleksi akan diikutsertakan dalam lelang atau coffee auction yang dibagi menjadi dua tipe, yakni National Winner selama 12 hari dan Cup of Excellence yang hanya diselenggarakan selama satu hari.

Informasi yang jelas dari setiap kopi sangat diperhatikan dalam penyelenggaraan COE ini. Hal tersebut mengindikasikan bisnis yang transparan sehingga pembeli bisa mengetahui secara langsung tempat asal muasal kopi yang mereka beli.

Untuk mengikuti kompetisi, diperlukan informasi yang jelas mengenai nama pemilik kebun, lokasi kebun (lengkap dengan koordinat GPS dan berkat administratif kepemilikan kebun, varietas yang diajukan, dan metode paska panen.

Salah satu dampak secara tidak langsung dari gelaran COE ini adalah mengakselerasi peningkatan kualitas kopi Indonesia baik di mata lokal maupun internasional. Selain itu juga untuk memberikan penghargaan kepada para petani atas jasanya dalam industri kopi.

“Harapan saya sih lewat COE ini kita bisa membangun national branding. Kita bisa membuktikan kepada dunia kalau Indonesia bisa menghasilkan kopi yang luar biasa, dan impact kepada para petani itu sendiri untuk lebih giat menghasilkan kopi yang berkualitas,” kata Michael.

Gelaran COE tahun ini akan dihelat di Bandung, Jawa Barat dengan tahap awal penerimaan kopi peserta pada 2 Agustus 2021. Acara resmi AOE akan dibuka pada 21 April 2021 dengan pendaftaran bagi para juri nasional dan seleksinya dilakukan pada 28 sampai 29 Mei 2021. Ajang lelang COE akan berlangsung ada 23 November sedangkan National Winner pada 22 November sampai 3 Desember 2021. (and)

Baca juga:

Tepuk Tangan Pendukung Jadi Saksi Para Pemenang ICE 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Suka Dekor Rumah? Yuk Intip 5 Akun Instagram Ini Untuk Menambah Inspirasimu
Home Lifestyle
Orangtua Wajib Melakukan Hal Ini saat Anak Kembali Bersekolah
Fun
Orangtua Wajib Melakukan Hal Ini saat Anak Kembali Bersekolah

Rencananya tahun ajaran baru tetap akan dimulai pada Juli 2020 mendatang.

LEGO x Nintendo Hadirkan Set Interaktif Konsol Legendaris
Fun
LEGO x Nintendo Hadirkan Set Interaktif Konsol Legendaris

Akan dipamerkan pada Agustus nanti.

Bryan Sony Melaju ke Final ICiGSC ICE 2021
Fun
Bryan Sony Melaju ke Final ICiGSC ICE 2021

Bryan meracik dua sajian kopi beralkohol First Love dan Bittersweet.

Dunia Fesyen Berani Tampil Beda dan Tepis Stereotipe Gender
Fashion
Dunia Fesyen Berani Tampil Beda dan Tepis Stereotipe Gender

Konsep genderless telah memasuki dunia fesyen sejak abad ke-20.

Samsung Siap Rilis 2 Ponsel 'Entry-level' Baru Awal 2021
Fun
Samsung Siap Rilis 2 Ponsel 'Entry-level' Baru Awal 2021

Ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau dari Samsung

Perusahaan Penerbangan ini Tawarkan Perjalanan Misteri
Fun
Perusahaan Penerbangan ini Tawarkan Perjalanan Misteri

Tentunya hal tersebut akan jadi sebuah kejutan yang menyenangkan.

Pertama, Bandara Internasional Dubai Gunakan Jasa Anjing Pelacak Virus Corona
Travel
Suami, Dampingi Istri yang Baby Blues
Fun
Suami, Dampingi Istri yang Baby Blues

Suami adalah orang terdekat.

Konsep macOS Mengagumkan dengan Teknologi AR
Fun
Konsep macOS Mengagumkan dengan Teknologi AR

Seorang desainer membuat konsep macOS masa depan yang sangat mengagumkan seperti di film Minority Report