Pertama Dalam Sejarah, Kapolda Metro Dijabat Jenderal Bintang Tiga Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono (MP/Kanu)

Merahputih.com - Mabes Polri menggelar korps kenaikan pangkat bagi sejumlah perwira tingganya. Dua diantaranya adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Irjen Listyo Sigit Prabowo yang bakal mendapat kenaikan pangkat menjadi Komjen seiring dengan penempatan barunya.

Listyo sendiri bakal menjadi komjen 'termuda' karena ia adalau Lulusan AKPOL 1991. Pasalnya, mayoritas rekan seangkatanya masih bintang satu, bahkan ada yang berpangkat Kombes.

Baca Juga:

Penunjukan Irjen Nana Sudjana sebagai Kapolda Metro Jaya Tepat

Yang menarik adalah Irjen Gatot Eddy Pramono. Gatot bakal membuat sejarah karena menjadi bintang tiga pertama yang menjabat Kapolda Metro.

Gatot memang ditunjuk menjadi wakapolri menggantikan Komjen Ari Dono Sukmanto yang segera memasuki masa pensiun. Tapi biasanya, seorang perwira tinggi duduk di jabatan barunya dulu, lalu dinaikkan pangkatnya. Artinya, pangkat mengikuti jabatan yang telah diemban.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono (depan). ANTARA/Fianda Rassat
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono (depan). ANTARA/Fianda Rassat

Namun berbeda dengan Gatot yang belum melaksanakan sertijab Wakapolri tapi dia lebih dulu naik pangkat.

Adapun jabatan wakapolri selama ini memang diisi seorang perwira yang sebelumnya sudah komjen mantab bukan irjen yang dinaikan menjadi komjen seperti peristiwa kali ini.

Baca Juga:

Kapolda Tinjau Ibadah Natal di GKI Kebayoran Baru

Selain Gatot dan Sigit, yang akan naik jabatan sebagai Komjen sore ini adalah Kabaharkam Irjen Agus Andrianto.

Berbeda dengan Gatot, Listyo dan Agus memang sudah dilantik sebagai Kabareskrim dan Kabaharkam sejak 16 Desember lalu. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH