Personal Motion Tracking Avatar 3D Garapan Sony untuk Metaverse

P Suryo RP Suryo R - Senin, 05 Desember 2022
Personal Motion Tracking Avatar 3D Garapan Sony untuk Metaverse
Memproyeksi gerakan kamu ke komputer secara nyata. (Sony)

PERIFERAL personal motion tracking, Mocopi, yang akan digunakan untuk avatar 3D siap rilis oleh Sony. Periferal dengan bentuk sekecil Apple AirTag ini diikat di pergelangan tangan dan kaki agar dapat memproyeksi motion di aplikasi seperti Metaverse maupun VR Chat.

Mengutip laman Extreme Tech, gawai ini memiliki enam bola pipih kecil dan pengikat berkualitas tinggi yang diposikan di kedua pergelangan tangan, kaki, lingkar pinggang, dan bagian kepala. Untuk menyimpannya Mocopi dimasukan dalam kotak kontener sekecil dompet.

Baca Juga:

Teknologi Metaverse Indonesia Bersaing di Kancah Internasional

metaverse
Diikat di bagian tubuh untuk dapat memproyeksi motion ke ponsel pintar. (Sony)

Sama seperti fitur motion capture pada umumnya, periferal ini akan terhubung pada ponsel pintar Android atau iOS. kemudian akan memproyeksikan beberapa titik hyang membentuk motion layaknya gerakan manusia. Jadi kamu pun dapat memberikan gestur seperti menyapa, maupun berdansa dengan fitur tracking secara realtime.

SDK (software development kit) yang siap digunakan untuk Mocopi ini akan rilis pada pertengahan Desember 2022. Software ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin menggunakan Mocopi pada software yang ada. Maupun keperluan lain seperti animasi hingga virtual YouTuber berbasis 3D maupun live2D. Mocopi dapat digunakan untuk kamu yang ingin tampil lebih realistis di Metaverse.

Baca Juga:

Bagaimana Tren Metaverse di Masa Depan?

Untuk itu Sony masih mencari beberapa perusahaan untuk bermitra dalam menggarap pengalaman eksklusif untuk Mocopi di luar dari ruang VR. Seperti metaverse maupun VR Chat yang dapat diakses secara gratis.

Periferal ini merupakan gagasan baru untuk kamu yang ingin menyempurnakan aspek kinetik yang ada pada dunia VR. Apalagi pada bagian periferal untuk kaki pun bisa membuat avatar di VR dapat bergerak serealistis mungkin. Berbeda dengan penggunaan kacamata VR seperti Oculus, Meta, dan PlayStation VR yang masih menggunakan kontroler pada bagian tangan untuk mendapat pergerakan.

Mocopi bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek Rp 5,6 juta untuk periferalnya saja. Sementara itu untuk lebih realistis, kamu memerlukan kacamata VR yang dijual terpisah dari beberapa vendor. (dnz)

Baca Juga:

Melestarikan Warisan Budaya Lewat Metaverse

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan