Persidangan Cerai Ahok Akan Digelar dalam Waktu Dekat Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama melambaikan tangannya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./ed/pd/15

MerahPutih.com - Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jootje Sampaleng mengatakan, pihaknya akan segera menetapkan hari persidangan pertama terkait kasus cerai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Veronica Tan dalam waktu dekat ini.

Jootje mengaku, persidangan kasus tersebut berlangsung tertutup karena menyangkut permasalahan pribadi. Selama proses sidang akan diadakan beberapa tahap mediasi.

"Pada saat dia menerima penetapan dari ketua untuk berkas itu, biasanya tergugat hanya butuh waktu seminggu setelah penetapan. Proses ditetapkan sama majelis hakim, setelah menerima berkas perkara tersebut, kapan hari persidangan," ujar Jootje di Pengadilan PN Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/1).

Selain itu, Jootje juga mengungkapkan bahwa Persidangan tersebut tertutup, karena pribadi. Namun pada saat menetapkan persidangan itu harus ditempuh dulu mediator.

"Persidangan tertutup karena ini masalah pribadi," katanya.

Lebih lanjut, kata Jootje, pada saat proses mediasi nantinya, mantan Bupati Belitung Timur tersebut diwajibkan untuk hadir, sebab terdapat Undang-undang yang mengatur perihal kehadiran mediasi. Namun saat persidangan Ahok dapat diwakilkan oleh kuasa hukumnya.

"Penggugat wajib datang bagaimana pun caranya, dia sudah perwakilan, tapi dia wajib hadir saat mediasi, karena ada undang-undangnya. Kalau bisa berdamai dia akan usahakan, tergantung mediatornya dari dalam atau luar. Kemauannya apa? Mungkin tergugat (Veronica) atau penggugat (Ahok) sudah punya mediatornya sendiri," jelasnya.

Lebih lanjut, Jootje menuturkan pihaknya akan terus melakukan upaya perdamaian dalam kasus perceraian Ahok dan Veronica, sebab menurut dia perdamaian merupakan hal yang indah.

"Tergantung dari mediatornya. kalau bisa berdamai, dia akan usahakan, karena damai itu adalah indah," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH