Finansial
Persiapkan dari Sekarang, Masa Tua Hidup Tenang Rencanakan keuangan sejak dini untuk masa depan yang tenang. (foto: pexels/andrea-piacquadio)

HIDUP nyaman di masa depan jadi idaman. Semua orang ingin hidup tenang di masa tua. Termasuk dalam hal finansial. Meski demikian, tak banyak yang menyadari bahwa hidup tenang di masa tua tak diraih dalam sekedip mata. Butuh usaha dan persiapan nan matang.

Situasi pandemi beberapa tahun belakangan ini, menurut PFI Mega Life, menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua akan pentingnya dana darurat terutama dalam situasi genting dan mendadak yang bisa berlangsung dalam periode waktu tertentu. Oleh karena itu, perencanaan keuangan sangatlah diperlukan. Nah, untuk kamu yang ingin mempersiapkan keuangan untuk masa depan keluarga, tips yang diberikan PFI Mega Life berikut bisa kamu praktikkan.

BACA JUGA:

Tips Kebebasan Finansial Bagi Perempuan Modern

Disiplin Mencatat

finansia
Catat semua pengeluaran secara detail. (Foto: pexels-rodnae-productions)

Defisit dalam keuangan cenderung terjadi pada mereka yang hanya mengandalkan memori dan ingatan atau menggunakan perkiraan atas arus uang yang masuk dan keluar. Oleh karena itu, disiplin dalam mencatat setiap arus kas yang masuk dan keluar merupakan hal penting pertama yang harus kamu lakukan.

Kamu bisa memulai dengan menuliskan anggaran untuk belanja keluarga. Setelah itu, catatlah setiap jumlah pendapatan dan pengeluaran secara detail sampai pengeluaran terkecil sekalipun, seperti uang parkir misalnya.

Periksa dan rekap catatanmu setiap akhir hari, akhir minggu, dan akhir bulan.Biasanya kamu akan menemukan pengeluaran kecil, tapi berulang yang di luar anggaran. Setelah ditotal, pengeluaran itu ternyata jumlahnya tidak lagi kecil.

Dari catatan itu, kamu bisa mempelajari pola penggunaan uangmu, dan upayakan untuk mengendalikan pengeluaran yang tidak penting di waktu berikutnya. Hal itu akan membantu kamu untuk melihat kesehatan keuanganmu dan keluarga, keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Tentukan Skala Prioritas

Setelah menentukan anggaran, kamu diharapkan dapat disiplin dalam menentukan hal-hal yang menjadi prioritas utama. Itu berarti hal-hal yang menjadi kebutuhan diri sendiri dan keluarga, bukan karena keinginan konsumtif semata.

Saat membuat anggaran keuangan keluarga, pastikan kamu telah memasukan hal-hal yang primer pada daftar paling atas, semisal belanja harian keluarga, tabungan dana darurat, cicilan utang, asuransi, tabungan/investasi untuk dana pendidikan anak, persiapan tabungan hari tua, hingga hiburan keluarga. Mengetahui anggaran keuangan akan membantumu dalam memilih portfolio keuangan untuk tabungan, investasi, dan asuransi yang sesuai dengan kemampuan serta target danamu.

Susunlah perencanaan kamu setiap bulan berdasarkan tingkatan kebutuhan primer lalu sekunder. Setelah kedua poin itu, kamu bisa menambahkan daftar keinginan di dalam skala prioritas tersebut. Menentukan skala prioritas dengan bijak akan memudahkan kamu mengatur dan memprediksi kebutuhan dan keinginanmu dan keluarga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

BACA JUGA:

Kesalahan Finansial Generasi Milenial, Kamu Pernah yang Mana?

Cermat dalam pengeluaran

finansial
Cermatlah dalam menggunakan uang. (foto: pexels/karolina-grabowska)

Membiasakan diri untuk disiplin untuk urusan pengeluaran di kehidupan sehari-hari merupakan langkah awal untuk menyiapkan keuangan di masa depan. Dengan berdisiplin, kamu dan keluarga akan terbiasa mengutamakan belanja pengeluaran atas hal yang sudah masuk anggaran danhal-hal kebutuhan primer.

Disiplin dalam pengeluaran juga berarti kamu tidak akan berpikir mengeluarkan biaya lebih untuk hal yang tidak kamu perlukan.

Banyak orang yang menghubungkan kebiasaan disiplin dalam pengeluaran ini dengan prinsip hidup hemat ataupun sebagai gaya hidup minimalis. Namun, disiplin dalam pengeluaran berarti kamu lebih cermat saat melakukan pembelanjaan dan lebih matang dalam mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang.

Selalu Menabung

menabung
Rutinkan menabung. (foto: pexels/oleksandr-pidvalnyi)

Dengan berkaca dari pendemi beberapa tahun belakangan ini, keuangan keluarga yang baik ialah ketika kamu memiliki sejumlah dana darurat untuk dipergunakan dalam kondisi genting dan tidak terduga.

Usia produktif merupakan periode waktu yang tepat untuk memulai persiapan dana pensiun dan kebutuhan keuangan jangka panjang kamu. Oleh karena itu, disiplin dalam menabung harus ada di daftar teratas dalam skala prioritas yang telah kamu tetapkan.

Disiplin menabung merupakan kunci. Mulailah dengan menabung 5 persen-10 persen dari pendapatanmu. Lakukan secara konsisten setiap bulan. Konsistensi inilah yang perlu dijadikan disiplin dalam menabung sehingga hasil yang bisa dipetik nantinya akan bermanfaat di masa depan.

Persiapkan Dana Pendidikan untuk Masa Depan Anak

family
Persiapkan dana pendidikan untuk anak. (foto: pexels/rodnae-productions)

Untuk kamu yang telah menjadi orangtua, persiapan dana pendidikan anak menjadi salah satu prioritas keuangan. Hal itu mengingat tingginya tingkat inflasi pendidikan yang berkisar 10 persen sampai 15 persen per tahun. Saat ini, ranah pendidikan tinggi dengan jenjang S-1 dalam negeri, bahkan mencapai kisaran Rp 400 juta.

Dengan melihat fakta itu, persiapan dana pendidikan bukanlah hal yang mudah. Sebagai salah satu solusi dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, kamu bisa memilih produk asuransi khusus pendidikan.(dwi)

BACA JUGA:

Kiat Mengelola Finansial Keluarga ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kartu Grafis Paling Kencang di Dunia untuk Gim dan Multimedia
Fun
Kartu Grafis Paling Kencang di Dunia untuk Gim dan Multimedia

Colorful indonesia luncurkan tiga varian Nvidia RTX 3090 Ti yaitu Vulcan, Neptune, dan NB EX.

Hadiah Pernikahan Paling Ajaib Selebritas Dunia
ShowBiz
Hadiah Pernikahan Paling Ajaib Selebritas Dunia

Uniknya hadiah pernikahan aktor Hollywood.

Gratis, Wolfenstein: The New Order di Epic Games Store
Fun
Gratis, Wolfenstein: The New Order di Epic Games Store

Kamu bisa melirik Mega Sale dari Epic Game Store.

4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati
Hiburan & Gaya Hidup
4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati

Cukup sulit untuk diajak berteman dan berkenalan dengan orang baru.

Adinda Marsya Sukses Entak Lantai Dansa Semarang
Hiburan & Gaya Hidup
Adinda Marsya Sukses Entak Lantai Dansa Semarang

Adinda Marsya mengajak para fans tak hanya bernyanyi tapi mulai berdansa bersama.

Para Perempuan Cantik Kumpulkan Limbah Kosmetik demi Bumi
Fun
Para Perempuan Cantik Kumpulkan Limbah Kosmetik demi Bumi

Jakarta X Beauty 2022 ajak pengunjung mengumpulkan barang bekas kosmetik.

Tren Butterfly Haircut Membuat Rambut Lebih Bervolume
Fun
Tren Butterfly Haircut Membuat Rambut Lebih Bervolume

Cara sederhana, irit ongkos, dan hemat waktu untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume.

TeamViewer Hadirkan Kecerdasan Buatan ke Shopfloor
Fun
TeamViewer Hadirkan Kecerdasan Buatan ke Shopfloor

TeamViewer hadirkan teknologi yang dapat membantu penggunanya.

Seniman Finlandia Buat Karya Seni di Atas Danau Beku
Fun
Seniman Finlandia Buat Karya Seni di Atas Danau Beku

Pasi Widgren menciptakan karya seni indah di atas danau yang membeku.

Dampak Positif Literasi bagi Suatu Negara
Fun
Dampak Positif Literasi bagi Suatu Negara

Seseorang yang melek huruf cenderung memiliki pemahaman dan proses pengembangan yang lebih baik.