Persiapan Sebelum Mudik Ini, Jangan Sampai Terlewatkan Pemudik menunggu keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (5/6) (ANTARA FOTO/Rahmad)

MINGGU ini arus mudik Hari Raya Idulfitri atau Lebaran Idulfitri mulai ramai. Bagi kamu yang mudik juga tentu sudah menentukkan waktu kapan akan berangkan, kan? Puncak mudik 2018 diprediksi terjadi dari Sabtu (9/6).

Baik kamu yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, perlu sekali persiapan agar mudik kamu menyenangkan dan aman. Tak jarang mudik menimbulkan masalah baru sehingga niat silaturahmi kamu menjadi terganggu.

Berikut merahputih.com sajikan persiapan mudik yang wajib dilakukan sebelum berangkat, dilansir iStyle;

1. Periksa Kondisi Kesehatan Tubuh

Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (5/6). Menurut Kepala Terminal Kampung Rambutan Emirald August Dwinanto, lonjakan penumpang arus mudik lebaran di Kampung Rambutan diprediksi akan dimulai pada H-8, atau Kamis (7/6) mendatang. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/kye/18
Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (5/6).(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ini dia hal paling utama yang tidak boleh kamu lewatkan. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Sebelum kamu memutuskan pulang kampung, lebih baik kamu cek kondisi tubuhmu. Jika kurang sehat, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk pulang kampung. Nah, kalau kamu merasa fit juga, maka kamu tidak boleh lupa meminum vitamin tambahan ketika sahur dan berbuka puasa supaya kesehatan kamu tetap terjaga.

2. Periksa Barang Bawaan

Ketika pulang kampung, kamu pasti membawa barang bawaan, entah itu berisi pakaian, buah tangan, dan segala keperluan lain untuk dibawa ke kampung halaman. Sebelum pergi, kamu harus memeriksa barang bawaan. Supaya kamu tidak perlu kembali pulang di tengah jalan, ketika ingat ada barang yang tertinggal.

3. Membawa P3K

Membawa kotak P3K adalah hal paling penting ketika kamu pergi kemana pun. P3K tidak boleh kamu lupakan. Mengapa? Karena kamu pasti membutuhkannya sewaktu di perjalanan, apalagi jika tiba-tiba kamu merasa tidak enak badan.

4. Memeriksa Kendaraan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta memeriksa kelaikan bus saat meninjau kesiapan sarana dan prasarana jelang angkutan lebaran, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (3/6). Pada kesempatan tersebut Menhub Budi Karya Sumadi juga melakukan tinjauan tiga lokasi yakni Bandara Internasional Soekarna Hatta, Terminal Bus Pulo Gebang dan Stasiun Kereta Api Gambir guna mengetahui kesiapan sarana dan prasarana untuk upaya kelancaran kegiatan arus mudik dan balik 2018. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/foc/18.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta memeriksa kelaikan bus saat meninjau kesiapan sarana dan prasarana jelang angkutan lebaran, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (3/6). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Memeriksa kendaraan adalah hal wajib dalam daftar persiapan pulang kampung supaya selamat sampai tujuan. Sebelum pergi, kamu wajib membawa kendaraan, entah mobil atau motor ke bengkel terlebih dahulu. Kendaraanmu harus dicek kondisinya secara detail. Mulai dari ban, oli, perseneling, dan lainnya. Supaya aman ketika kamu berkendara jauh saat mudik.

5. Berdoa

Kamu tidak boleh lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar selamat sampai tujuan. Berdoa adalah hal utama, supaya perjalanan mudikmu lancar jaya tanpa adanya hambatan sedikit pun.

Nah, itu adalah persiapan pulang kampung supaya selamat sampai tujuan yang harus kamu perhatikan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tips Mudik Aman dengan Motor, Selamat Sampai Kampung Halaman

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH