Persiapan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Gelar TC di Pulau Dewata

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 05 November 2022
Persiapan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Gelar TC di Pulau Dewata
Gelandang timnas Indonesia, Marc Klok merayakan golnya ke gawang Curacao di Stadion Pakansari, Bogor. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali pada 28 November 2022. Rangkaian TC ini merupakan bagian persiapan menjelang Piala AFF 2022.

TC di Pulau Dewata ini digelar di tengah vakumnya kompetisi Liga 1 pasca Tragedi Kanjuruhan. Kepolisian sebagai pemegang kuasa izin kompetisi belum memberikan lampu hijau.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 Imbang 0-0 dengan Moldova di Pertemuan Kedua

"Iya rencananya dalam rangka persiapan Piala AFF akan ada rencana di Bali TC-nya. Rencana coach Shin (Tae-yong) tanggal 28 November ya," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi di Jakarta, Jumat (4/11).

Ia memastikan pelatih Shin Tae-yong tidak bisa memimpin anak asuhnya. Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu masih bersama Timnas Indonesia U-20 yang saat ini menjalani TC di Eropa sampai 4 Desember mendatang.

"Bisa jadi coach Shin masih fokus dulu di sana, nanti akan diatur direktur teknik (Indra Sjafri) yang sementara sedang menyusun roadmapnya," katanya.

"Belum tahu, nanti Shin sama Indra Sjafri yang akan ngatur itu (pelatih pengganti sementara. Nanti setelah ada keputusan atau penyampaian dari koordinasi antara Indra dan STY baru akan disampaikan (siapa pelatihnya)," sambung Yunus.

Baca Juga

Cara Cerdik Ferarri di Balik Kemenangan 3-1 Timnas U-20 atas Moldova

Timnas Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Berbeda dengan edisi sebelumnya yang mesti dilaksanakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF 2022 akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang.Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi Tim Merah Putih.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 Akan Hadapi Jepang U-18 di Spanyol

#Iimnas Indonesia #Piala AFF #PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan