Persiapan Perayaan Sekaten di Solo

Ana AmaliaAna Amalia - Kamis, 24 November 2016
Persiapan Perayaan Sekaten di Solo
Seorang pedagang yang menjadi ciri khas saat perayaan Sekaten tiba. Biasanya mereka menggelar dagangannya di kawasan Masjid Agung Solo./mp/win

MerahPutih Budaya - Melihat lokasi yang tak memungkinkan, panitia Sekaten 2016 berencana tak menyuguhkan aneka permainan yang ada dalam setiap penyelenggaraan sekaten, seperti komedi putar, rumah hantu dan masih banyak lagi.

Memang, tahun kemarin keadaannya seperti saat ini, di mana lokasi yang biasanya digunakan untuk Sekaten beralih fungsi menjadi pasar darurat bagi pedagang klewer.

Namun, tahun lalu aneka permainan sekaten tetap ada dan ditempatkan di halaman benteng Vastenburg.

“Kami tetap menguatamakan pedagang ciri khas sekaten, seperti pecut, telur asin, kinang dan lainnya. Mereka akan kita tempatkan di kawasan Masjid Agung. Sedangkan pedagang gerabah tetap ada, mereka berada di tepi jalan kawasan Alut,” jelas Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo kepada wartawan, Rabu (23/11).

Mengenai wahana permainan, pihaknya belum bisa memutuskan, apakah akan kembali meminjam lahan, karena jumlahnya memang cukup banyak.

“Kita akan koordinasi dengan panitia sekaten dahulu, sebaiknya seperti apa dan seharusnya bagaimana, agar semua jelas,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Sekaten kali ini penyelenggaraannya lebih pendek, yakni hanya 17 hari saja. Padahal, diwaktu-waktu sebelumnya bisa mecapai 1,5 bulan. (Win)

ACA JUGA:

  1. Keraton Yogyakarta Tutup Pasar Malam Perayaan Sekaten
  2. Upacara Miyos Gongso Sekaten Digelar Tanpa Tabuh Gamelan
  3. Sekaten dari Syiar Islam jadi Panggung Pariwisata
  4. Pasar Malam Perayaan Sekaten Resmi Dibuka
#Kota Solo # Sekaten
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan