Persiapan KTT G20 Rampung 5 November 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 28 Oktober 2022
Persiapan KTT G20 Rampung 5 November 2022
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) pada sela-sela kegiatannya di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (27/10). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

MerahPutih.com - Nusa Dua, Badung, Bali, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hampir seluruh persiapan KTT G20 di Bali rampung pada 5 November 2022.

Baca Juga

Perkantoran dan Sekolah di Sebagian Wilayah Bali Terapkan WFH saat KTT G20

"Semua target (persiapan) akan selesai pada minggu pertama (November 2022). Tanggal 5 (November) saya berharap sudah selesai 99,9 persen," ujar Luhut di Nusa Dua, Kamis (27/10).

Luhut mengaku sudah melapor langsung kepada Presiden Joko Widodo mengenai persiapan KTT G20 di Bali yang bakal berlangsung pada 15-16 November 2022. Dalam laporannya itu, Luhut menyebut persiapan KTT G20 sejauh ini telah mencapai 95 persen.

“Kemarin saya meninjau (lokasi KTT G20) dan saya tadi pagi melaporkan ke Bapak Presiden kita sudah 95 persen persiapan-persiapannya. Kita berdoa semua berjalan bagus," katanya dikutip ANTARA

Baca Juga

KTT G20 Pembuktian Indonesia dalam Penanganan Sampah Laut

Luhut bersama Gubernur Bali I Wayan Koster pada Rabu (26/10) meninjau seluruh lokasi yang menjadi tempat kegiatan KTT G20, yaitu di The Apurva Kempinski di Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Jimbaran, Tahura Mangrove Ngurah Rai di Denpasar.

“Di GWK, jalan-jalan, Tahura, maupun di Apurva semua sudah siap,” kata Luhut kepada media saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan acara puncak seluruh rangkaian G20 yang dihadiri oleh para pemimpin negara anggota G20.

Di acara puncak itu, para pemimpin negara pada hari pertama bakal mengadakan pertemuan di The Apurva Kempinski, kemudian dijadwalkan makan malam bersama (gala dinner) dan menyaksikan pertunjukan seni di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Pada hari kedua, para pemimpin negara dijadwalkan mengunjungi Tahura Mangrove Ngurah Rai di Denpasar untuk bersama-sama menanam pohon bakau (mangrove), kemudian kembali lagi ke The Apurva untuk melanjutkan pertemuan.

Di bawah presidensi Indonesia, Presiden Joko Widodo bakal memimpin pertemuan puncak KTT G20 dan para pemimpin negara bakal menyepakati sejumlah isu yang telah dibahas di tingkat menteri dan di kelompok kerja G20. (*)

Baca Juga

Persiapan KTT G20 di Bali Capai 95 Persen

#G20 #KTT G20 #Luhut Panjaitan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan