Persepsi Sesalkan Tuduhan Prabowo soal Hasil Quick Count Sekjen Persepi, Yunarto Wijaya (baju kuning). Foto: MP/Kanugrahan

MerahPutih.com - Sekjen Persepi, Yunarto Wijaya, menyesalkan tudingan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang sudah menyimpulkan bahwa hasil quick count pasti salah. Ada pula yang menuding hasil QC berusaha menggiring opini.

"QC yang harus menjadi alat bantu kontrol malah dianggap melihat pemilu jadi ambigu," kata Yunarto saat acara diskusi di Hotel Morissey, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Yunarto berharap pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang sudah menyebutkan angka di hadapan publik, maupun media, untuk berani melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Persepi.

"Ini penting supaya tidak dibolak-balik dan publik tidak dibingungkan," katanya.

Sekjen Persepi, Yunarto Wijaya (baju kuning). Foto: MP/Kanugrahan

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Jayadi Hanan menyatakan, bahwa Indonesia sudah melakukan empat kali pemilu langsung selama empat kali sejak 2004. Dalam empat kali pelaksanaan pemilu itu, berarti ada tujuh pileg dan pilpres yang sudah digelar.

Bahkan, ujar dia, sudah 1500 pilkada yang digelar di Indonesia. Selama itu pula, lanjut Jayadi, sudah dilakukan QC dan tidak ada masalah.

"Sebetulnya masyarakat terutama politisi terbiasa dengan QC ini. Jelas QC ini persoalan pengetahuan, bukan persoalan politik. Keputusan politik ada di KPU," katanya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH