Perselisihan Suami-Istri Buat 3.661 Wanita Muda Semarang Jadi Janda Ilustrasi (pinterest)

Merahputih.com - Sebanyak 3.661 perempuan di Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi janda menyusul perkara perceraian yang sudah diputus oleh Pengadilan Agama Kota Semarang selama 2018.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kota Semarang Tazkiyaturrobihah mengatakan jumlah tersebut termasuk dengan perkara yang sudah masuk sejak 2017 namun baru diputus pada 2018.

Adapun jumlah perkara cerai yang masuk ke Pengadilan Agama Semarang selama 2018 tercatat mencapai 3.205 perkara.

"Gugatan cerai yang diajukan isteri mencapai 2.343 kasus, sementara cerai talak mencapai 862 kasus," kata Tazkiyaturrobiah di Semarang, Kamis (24/1).

Ilustrasi Perceraian (Pixabay)

Ia menuturkan, terdapat sejumlah alasan gugatan cerai diajukan ke pengadilan agama. "Paling banyak disebabkan perselisihan antara suami-istri," katanya.

Jika dilihat dari usia, sebagaimana dikutip Antara, tidak sedikit pula pasangan yang akhirnya diputus cerai pengadilan. Rata-rata cerai gugat yang diajukan istri yang masih berusia muda ini akibat ditinggal suaminya.

Ada pula, lanjut dia, alasan perceraian akibat pasangan suami istri yang masih berusia muda tidak mampu membina keluarga. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH