Persatuan Aktor Hollywood Setujui Kesepakatan Tentatif untuk Akhiri Pemogokan

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 10 November 2023
Persatuan Aktor Hollywood Setujui Kesepakatan Tentatif untuk Akhiri Pemogokan
Kesepakatan terbaru memberi SAG-AFTRA keuntungan 'contract-on-contract' terbesar dalam sejarah serikat pekerja. (Foto: Twitter/@sagaftra)

SERIKAT aktor The Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) mengatakan mereka telah menyetujui kesepakatan tentatif dengan studio-studio Hollywood untuk mengakhiri pemogokan yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

SAG-AFTRA mencapai kesepakatan dengan Alliance of Motion Picture and TV Producers (AMPTP) dengan suara bulat mengakhiri mogok 118 hari. Mereka mengatakan pemogokan secara resmi berakhir pada Kamis (9/11). Rincian lebih lanjut akan diumumkan setelah pertemuan pada Jumat (10/11).

BACA JUGA:

Pekerja Seni Peran di Hollywood Mogok Massal

Para aktor yang ikut dalam pemogokan menuntut upah yang lebih baik dan perlindungan terhadap penggunaan AI. AMPTP mengatakan pihaknya senang telah mencapai kesepakatan tentatif dan berharap industri tersebut melanjutkan upaya mereka untuk menyampaikan kisah-kisah hebat.

SA-AFTRA
SAG-AFTRA mencapai kesepakatan dengan AMPTP dengan suara bulat, mengakhiri mogok 118 hari. (Foto: Twitter/@sagaftra)

Dikatakan bahwa kesepakatan itu memberi SAG-AFTRA keuntungan berdasarkan contract-on-contract terbesar dalam sejarah serikat pekerja.

SAG-AFTRA mewakili sekitar 160.000 anggota industri televisi dan film dan telah melakukan pemogokan sejak 14 Juli, sehingga menyebabkan kekacauan besar di Hollywood.

Film-film Disney/Marvel, seperti Blade, Dune: Part Two, dan Fantastic Four telah ditunda penayangannya selama beberapa bulan. Sementara itu, perilisan Avengers: The Kang Dynasty dan Avengers: Secret Wars juga telah diundur satu tahun. Pembuatan ulang live-action animasi Disney Moana dan Lilo & Stitch juga terkena dampaknya, begitu pula serial Avatar karya James Cameron dan Paddington in Peru.

Selain penundaan film, para bintang Hollywood juga tidak menghadiri acara-acara seperti pemutaran perdana film ketika pemogokan sedang berlangsung, karena peraturan serikat pekerja melarang mereka mengambil pekerjaan apa pun, termasuk promosi atau publisitas.

BACA JUGA:

Christopher Nolan: Akan Mengerikan Bila AI Mencapai Momen 'Oppenheimer'

Selain peningkatan gaji dan jaminan AI, v juga menyerukan peningkatan royalti dan kontribusi yang lebih tinggi terhadap rencana pensiun dan kesehatan para aktor. Para aktor tampaknya memberikan tanggapan positif terhadap kesepakatan tersebut, dan Zac Efron menggambarkannya sebagai hal yang 'luar biasa' pada pemutaran perdana film gulat The Iron Claw. Pemenang Oscar Jamie Lee Curtis mengunggah di Instagram bahwa ketekunan membuahkan hasil.

SAG-AFTRA
Para aktor menuntut upah yang lebih baik dan perlindungan terhadap penggunaan AI. (Foto: Twitter/@sagaftra)

Meskipun aktor-aktor bintang Hollywood mempunyai penghasilan jutaan dolar, banyak artis-artis yang kurang dikenal sering kesulitan untuk bertahan hidup, terutama di tengah meningkatnya inflasi dan perubahan industri. (aru)

BACA JUGA:

Masih Mogok Kerja, Pekerja Hollywood Dapat Sumbangan Besar dari Bintang Tenar

#Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan