Persaingan Tinggalkan Luka, Zulhas Janji Rangkul Semua Masuk Pengurus PAN Zulkifli Hasan. (Antaranews/Rangga)

Merahputih.com - Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan mengatakan susunan kepengurusan PAN 2020-2025 merangkul semua kubu, setelah pelaksanaan kongres ke-V pada Februari 2020.

"Ya harus (merangkul semua kubu), mungkin tidak sehari atau dua hari. Persaingan tentu meninggalkan luka, perlu waktu untuk pemulihan bersama-sama," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/3).

Baca Juga

Zulhas Sebut DPR dan DPD Sepakat Kembalikan Wewenang MPR Tetapkan GBHN

Risiko dalam pelaksanaan demokrasi di PAN memang terjadi pertarungan yang keras dalam pemilihan posisi Ketua Umum hingga berujung terjadinya pelemparan bangku dalam arena Kongres Ke-V PAN.

Namun hal itu menurut dia proses dalam menuju demokrasi yang matang, tidak seperti partai lain yang memiliki pucuk pimpinan dengan mekanisme penunjukan.

"Kami memilih sistem demokratis, memang ada risiko, ada keramaian karena ada pertandingan. Bayangkan saja dulu beda suaranya enam (Zulkifli-Hatta) dan kemarin cukup banyak yaitu 106 suara (Zulkifli-Mulfachri), itu adalah demokrasi yang kami pilih," ujarnya.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (Antaranews)
Mantan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (Antaranews)

Walaupun ada ekses setelah pertarungan di kongres ke-V, sebagaimana dikutip Antara, pada waktunya nanti semua kader akan bersatu bersama-sama lagi.

Baca Juga

Zulhas Pasrah Hadapi Pertarungan Parpol Berebut Kursi Ketua MPR

Siapapun kader PAN termasuk kubu Mulfachri Harahap yang ingin masuk kepengurusan partai itu dipersilakan dan harus ada kesediaan.

"Komunikasi jalan terus namun tidak dengan semua, ada satu dan dua (dilakukan komunikasi)," tutup dia. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH