Survei Indo Barometer

Persaingan Ketat Djarot dan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 20 Juni 2018
Persaingan Ketat Djarot dan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018
Dua pasang kandidat gubernur-wakil gubernur Sumatra Utara; Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (dua kiri dan kiri) dan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (dua kanan dan kanan). Septianda Perdana /Antara Fot
MerahPutih.com - Indo Barometer merilis hasil survei bertajuk "Dinamika Pilgub Sumut 2018: Siapakah Calon Pemenang?". Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus unggul tipis dari pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengungkapkan, dari simulasi dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dengan menggunakan simulasi surat suara, pasangan Djarot-Sihar bersaing ketat dengan pasangan Edy-Musa.
"Djarot-Sihar memperoleh 37,8 persen dan Eddy-Musa 36,9 persen. Sementara itu yang tidak menandai surat suara sebanyak 25,4 persen," kata Qodari saat memaparkan rilis surveinya di Harris Hotel, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/6).
Pasangan calon gubernur dan wagub Sumut Djarot Saiful Hidayat (kedua kiri)-Sihar Sitorus (kiri). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Menurut Qodari, hasil survei ini menguatkan survei yang dilakukan sebelumnya pada 4 hingga 10 Februari 2018 lalu. Ketika itu pasangan Djarot-Sihar mendapat 26 persen, sementara Eddy-Musa memperoleh 25,8 persen.
Sebagai calon gubernur, kata Qodari, elektabilitas Djarot unggul dari Eddy. Politisi PDI Perjuangan itu memperoleh 37 persen, sementara mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu mendapat 36,1 persen.
Sedangkan, sebagai calon wakil gubernur, elektabilitas Sihar mengungguli Musa. Sihar memperoleh suara 34 persen, sementara Musa 28,5 persen.
Dalam Pilgub Sumatera Utara kali ini, pasangan Djarot-Sihar diusung oleh PDI Perjuangan dan PPP. Sedangkan pasangan Eddy-Musa yang diusung Gerindra, PKS, PAN, Golkar, PAN, dan Nasdem.
Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto: Antara)
Sampel yang digunakan pada survei Indo Barometer ini sebanyak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.
Pemungutan suara akan dilakukan serentak pada Rabu 27 Juni 2018. Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilgub Sumatera Utara 2018 sebanyak 9.062.815. Indo Barometer memproyeksikan Partisipasi Pemilih sebanyak 4.395.465 atau 48,5 persen, dengan proyeksi suara sah 4.277.649 atau 47,2 persen. (Pon)
#Indo Barometer #Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah #Djarot Saiful Hidayat #Pilgub Sumatera Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan