Oscar 2022
Persaingan Ketat di Kategori Bergengsi Oscar 2022, Akankah 'CODA' Menangi Film Terbaik Setelah memenangi Screen Actors Guild Award untuk ansambel pemeran, film 'CODA' punya peluang besar jadi film terbaik. (Foto: mobiRANK)

PEMUNGUTAN suara untuk puncak acara penghargaan insan film Hollywood, Academy Awards ke-94, telah berakhir beberapa hari lalu. Beberapa hari lagi, musim penghargaan akan ditutup dengan pembagian piala Oscar pada 27 Maret.

Dengan cakupan penghitungan nominasi, Netflix menjadi yang paling dekat untuk membawa pulang piala paling bergengsi di Akademi. The Power of the Dog karya Jane Campion telah memenangi penghargaan kritikus terbanyak untuk film terbaik. Film tersebut berhasil meraih penghargaan tertinggi pada upacara BAFTA dan DGA, yang memiliki kesamaan dengan pemilih Oscar.

BACA JUGA:

Tas Hadiah untuk Peraih Nominasi Oscar 2022 Senilai Rp1,98 miliar

Diperkirakan, akan ada pembagian yang seimbang antara mereka yang menempatkannya di nomor satu pada surat suara preferensial dan dengan yang menempatkannya di bagian bawah kategori itu. Demikian bocoran dari beberapa anggota Akademi kepada Variety.

Belfast karya Kenneth Branagh duduk sebagai calon terdepan selama berbulan-bulan setelah debut di Telluride Film Festival. Namun, setelah membawa pulang BAFTA tunggal untuk film Inggris yang luar biasa, film itu hanya bergantung pada doa untuk memenangi penghargaan tertinggi Oscar. Harapan terbaik mereka bisa terletak pada kategori skenario asli, atau mungkin bisa bernasib seperti Spotlight (2015) dan memenangi dua hadiah utama, termasuk film terbaik.

the power of the dog
The Power of the Dog karya Jane Campion telah memenangi penghargaan kritikus terbanyak untuk film terbaik. (Collider)

Dengan pertimbangan-pertimbangan film itu, editor Variety Clayton Davis menjatuhkan prediksi final untuk kategori film terbaik pada film CODA karya Sian Heder. Film itu diunggulkan karena telah merebut hati para pemilih dalam industri film Hollywood.

Setelah memenangi Screen Actors Guild Award untuk ansambel pemeran dan enghargaan Producers Guild of America (PGA), film tersebut memiliki peluang yang layak untuk memenangi ketiga kategori yang dinominasikan, termasuk film terbaik.

Hasil prediksi Davis yang lain yaitu Will Smith menjadi aktor kulit hitam kelima yang menang kategori aktor terbaik untuk 'King Richard'. Sementara itu, Jessica Chastain bisa menjadi perempuan kedua yang menang aktris terbaik untuk film yang juga ia produksi, 'The Eyes of Tammy Faye'. Aktris yang pertama melakukannya adalah Frances McDormand, penerima penghargaan tahun lalu untuk 'Nomadland'. Namun, itu bila prediksi untuk kemenangan Penelope Cruz 'Parallel Mothers' tidak membuahkan.

Troy Kotsur tampaknya menjadi pemain tuli kedua yang memenangkan Oscar kategori akting untuk 'CODA', menyusul kemenangan lawan mainnya Marlee Matlin untuk 'Children of a Lesser God' pada 1986. Ariana DeBose bisa menjadi orang Latin kedua yang memenangkan penghargaan akting, setelah lawan mainnya Rita Moreno. Uniknya keduanya berperan dalam film 'West Side Story' yang dibuat pada tahun berbeda.

Dune
Dune diproyeksikan menjadi pemenang dengan piala terbanyak, yaitu lima Oscar. (Greenscene)

'Encanto' dapat memberikan kejutan untuk kategori lagu asli, dan diikuti dengan kemenangan sebagai film animasinya. Penulis lagu Lin-Manuel Miranda akan menjadi penerima EGOT (Emmy, Grammy, Oscar, Tony) ke-17 dan termuda ketiga.

'Dune' diproyeksikan menjadi pemenang dengan piala terbanyak malam itu, yaitu lima Oscar. Namun, jumlah tersebut bisa naik atau turun tergantung pada keberpihakan Akademi untuk 'Cruella' dalam nominasi desain kostum dan 'King Richard' dalam editing.

Dalam kategori film internasional mungkin akan ada kekecewaan jika 'The Worst Person in the World' dari Norwegia mengambil penghargaan, karena 'Drive My Car' dari Jepang telah mendapat nominasi untuk film, sutradara, dan skenario adaptasi.

Sementara itu, untuk film dokumenter kunci kemenangan ada di tangan Questlove untuk 'Summer of Soul' atau Jonas Poher Rasmussen untuk 'Flee'. Film 'Flee' telah mencatatkan sejarah dengan masuk tiga nominasi sekaligus untuk animasi, dokumen, dan film internasional. Pemenang kejutan Penghargaan Directors Guild Awards (DGA), Stanley Nelson ada kemungkinan akan menyelinap masuk dengan kemenangan 'Attica'.(aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Fitur Tersembunyi Telegram Ini Wajib Kamu Coba
Fun
4 Fitur Tersembunyi Telegram Ini Wajib Kamu Coba

Bikin pengalaman chat di Telegram makin asyik.

Tanda Pasangan Tidak Bahagia
Fun
Tanda Pasangan Tidak Bahagia

Pasangan tidak bahagia akan terlihat dengan sendirinya.

Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga
Fun
Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga

Kopi terbukti secara medis dapat menambah stamina.

Bagaimana Cara Mewujudkan Ide Jadi Produksi Film?
Fun
Bagaimana Cara Mewujudkan Ide Jadi Produksi Film?

Film adalah sebuah media yang universal dan mampu berbicara.

Diet Harus Sesuai dengan Kondisi Kesehatan Tubuh
Hiburan & Gaya Hidup
Diet Harus Sesuai dengan Kondisi Kesehatan Tubuh

Tidak semua orang bisa menjalani diet yang sama.

Sukses di BSD, Street Race Akan Berlangsung di Cikarang Setelah Lebaran
Fun
Sukses di BSD, Street Race Akan Berlangsung di Cikarang Setelah Lebaran

event street race akan digelar di Cikarang bulan Mei 2022

Hilangkan Tato Pakai Laser, Aman enggak Sih?
Hiburan & Gaya Hidup
Hilangkan Tato Pakai Laser, Aman enggak Sih?

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Amaranila Lalita Drijono, SpKK, FINSDV FAADV menjelaskan, bahwa menghilangkan tato dengan menggunakan laser merupakan prosedur yang aman

Memiliki Aprilia dan Piaggio Kini Makin Mudah
Fun
Memiliki Aprilia dan Piaggio Kini Makin Mudah

Memperluas akses pecinta kendaraan roda dua dan lifestyle premium dalam memiliki produk-produk terbaik khas Italia.

Hilman 'Lupus' Tutup Usia
Fun
Hilman 'Lupus' Tutup Usia

Hilman menemani perjalanan para remaja Indonesia di era 1980 dengan menulis cerita pendek Lupus di majalah Hai pada Desember 1986.

Harga Bitcoin Diprediksi akan Terus Anjlok, Mungkinkah?
Fun
Harga Bitcoin Diprediksi akan Terus Anjlok, Mungkinkah?

Nilai mata uang digital Bitcoin diprediksi akan terus anjlok