Persaingan 39 Barista Dalam Kompetisi IBC di ICE 2020 Amat Ketat! 39 barista bertarung di IBC (Foto: MP/Leonard)

INDONESIA Coffee Events (ICE) 2020 yang dihelat hari ini, Rabu (12/2) menghadirkan berbagai kompetisi kopi bergengsi tingkat nasional. Salah satunya ialah Indonesia Barista Championship (IBC).

IBC sudah dimulai sejak pukul 10.30. Sebanyak 39 barista dari kafe-kafe di seluruh Indonesia menunjukan kebolehan mereka dalam menyeduh kopi. Perasaan mereka terlihat bercampur aduk. Ada yang percaya diri, antusias, bahkan gugup namun tetap fokus.

Baca juga:

Kompetisi IBrC di ICE 2020 Berlangsung Sengit

Beberapa barista yang terlibat di IBC seperti Cindy Marta (Shoot Me In The Head 5240), Alif Rizky (Noah's Barn/CoffeeHQ), Taufik Maulana (Kopiteori 5305), Davin Anson (Steam & Brew), dan masih banyak lagi.

Para barista harus melewati tiga babak untuk mendapatkan gelar juara. Babak pertama akan diikuti oleh semua peserta yang terdaftar. Berikutnya adalah babak semifinal yang akan diwakili 12 peserta dengan nilai tertinggi. Setelahnya, enam peserta yang mencapai nilai tertinggi berhak mengikuti babak final.

Di setiap babak, para peserta harus menyajikan tiga jenis kopi, espresso, milk beverage, dan signature beverage. Selain itu, mereka akan diberikan waktu 15 menit untuk persiapan, 15 menit untuk perlombaan, serta waktu untuk membersihkan selama tujuh menit.

Berdasarkan pantauan merahputih.com, IBC berlangsung sangat ketat. Setiap barista tak hanya sekadar menyajikan kopi terbaik. Mereka juga harus mempresentasikan kopi hasil buatan mereka kepada juri.

Peserta harus mempresentasikan kopi buatan mereka kepada juri (Foto: MP/Leonard)

Saat melakukan presentasi di hadapan para juri, terlihat betul kualitas seorang barista. Mereka tidak hanya paham cara membuat kopi. Pengetahuan tentang asal beragam biji kopi begitu mereka kuasai.

Yang paling menegangkan ketika para barista mempersiapkan signature beverage. Mereka tidak hanya harus menghasilkan eksperimen dengan rasa berkualitas. Mereka harus memiliki inovasi tersendiri dari bahan-bahan yang digunakan dalam campuran kopi.

Untuk memaksimalkan waktu yang terbatas ICE 2020 langsung dihelat dalam satu babak Nasional. Tanpa adanya Babak regional (eliminasi) karena langsung disatukan dengan event nasional tersebut. Para pemenang juga akan melanjutkan kompetisi di tingkat dunia.

Peraturan dan Ketentuan IBC 2020 diberlakukan secara ketat oleh pihak penyelenggara. Peraturan perlombaan tercatat pada dokumen 2020 World Barista Championship Official Rules and Regulations.

Nantinya, lima barista terbaik di IBC akan di kirim ke event World Barista Championship (WBC) di Merlbourne, Australia pada Mei 2020. Mau tahu siapa yang berhasil menjadi barista terbaik di IBC sahabat Merah Putih? Update terbaru IBC bisa kamu pantau di merahputih.com. (lgi)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH