Persahabatan Ormas Islam Ajak Seluruh Pihak Atasi Pandemi COVID-19

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 19 November 2020
Persahabatan Ormas Islam Ajak Seluruh Pihak Atasi Pandemi COVID-19
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Foto: Antara Foto)

Merahputih.com - Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) dan juga Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) menyampaikan pernyataan sikapnya terkait dengan banyaknya kerumunan massa di saat pandemi COVID-19.

LPOI/LPOK mendesak seluruh warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan, melaksanakan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum mereda, mendukung aparat menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan.

Baca Juga

Lurah Petamburan Langsung Isolasi Mandiri

LPOI/LPOK juga mendorong agar masyarakat tidak menggunakan simbol-simbol agama untuk perbuatan tidak baik hanya demi kepentingan golongan dan kelompoknya.

"Melihat kondisi bangsa ini yang masih prihatin dengan adanya pandemi COVID-19 yang belum teratasi, ditambah lagi penurunan ekonomi yang sangat tajam, maka diperlukan suatu sikap bersama untuk mengatasi masalah ini," ujar Ketua Umum LPOI/LPOK, KH Said Aqil Siroj dikutip dari laman resmi NU, Rabu (18/11).

Ketua Umum PBNU tolak pemulangan WNI simpatisan ISIS dari Suriah
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Foto: MP/Achmad Cinde)

LPOI sendiri terdiri dari 14 ormas Islam yang lahir sebelum kemerdekaan, yakni Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, IKADI, Az-Zikra, Syarikat Islam Indonesia, Al-Washliyah, Persatuan Tarbiah Islam (PERTI), Persatuan Ummat Islam (PUI), HBMI, Nahdatul Wathan, dan 6 Majelis Tinggi Agama.

Dalam kondisi prihatin seperti ini, samung Kiai Said, masih ada saudara-saudara kita yang kurang peduli dan menambah masalah dengan perbuatan-perbuatan yang mereka lakukan.

Maka dari itu, LPOI/LPOK menyampaikan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, menghargai para pendiri bangsa yang telah susah payah membentuk NKRI.

Baca Juga

Anak Buah Anies yang Hendak Diklarifikasi 'Kerumunan Petamburan' Positif COVID-19

LPOI/LPOK juga mengimbau kepada masyarakat luas untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dengan melakukan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker), serta menghindari kerumunan massa.

Tak lupa, LPOI/LPOK meminta jangan menggunakan simbol-simbol keagamaan untuk kepentingan pribadi maupun golongan tertentu serta Mendukung penegak hukum untuk menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan yang tidak menaati peraturan pemerintah. (*)

#Said Aqil Siradj #PBNU
Bagikan
Bagikan