Pesan Dewan Pers untuk Media Dalam Kasus Ratna Sarumpaet, Jangan Terjebak Hoax

Fadhli Fadhli - Rabu, 03 Oktober 2018
Pesan Dewan Pers untuk Media Dalam Kasus Ratna Sarumpaet, Jangan Terjebak Hoax
Logo Dewan Pers

MerahPutih.com- Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Jauhar mengingatkan media massa untuk selalu melakukan investigasi yang fair terhadap sebuah kasus yang akan diberitakan.

Hal itu untuk menghindari penyebaran berita tidak valid atau hoaks ke ruang publik. "Media harus melakukan investigasi sendiri, makanya saya sarankan harus ada investigasi yang fair," kata Ahmad Jauhar saat dikonfirmasi, Rabu (3/10).

Jauhar juga mengingatkan agar media massa tidak terlalu gampang mengutip atau mengambil sumber dari media sosial tanpa melakukan investigasi lanjutan.

"Jangan percaya begitu saja kepada sumber yang beredar di medsos. Media harus melakukan investigasi sendiri," ucap Jauhar merespon pemberitaan penganiayaan Ratna Sarumpaet yang belakangan diketahui bohong.

Ratna Sarumpaet dikabarkan dianiaya orang tak dikenal (Foto: FB)

Namun demikian, Jauhar menilai belum menemukan pelanggaran yang dilakukan media massa terkait pemberitaan Ratna Sarumpaet. Sebab, baru melalui komentar orang per orang.

"Lha ada media yang melanggar KEJ atau UU Pers berkaitan dengan kasus itu? kan kita belum tahu valid-tidaknya kabar itu, makanya saya sarankan harus ada investigasi yang fair," kata dia.

Lagi pula menurutnya dalam kasus tersebut belum ada yang merasa terusik dan melapor atas adanya pelanggaran pemberitaan.

"Terus, siapa yang dirugikan dan dia mengadu gak?" tutupnya. (*)

Baca Berita Menarik Lainnya: Sebarkan Hoax, Ratna Sarumpaet Terancam Bui 10 Tahun

#Dewan Pers #Ratna Sarumpaet
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan