Perpustakaan Unik ini Memiliki Bentuk dari Dunia 'Lain' Dibangun dengan tujuan multiguna. (Foto: dezeen)

BANGUNAN hasil karya MAD Architects ini menyerupai semacam struktur alien yang aneh. Perpustakaan Wormhole dibangun dengan tujuan multiguna bagi pengunjung untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Proyek yang tidak biasa ini sedang dalam pembangunan dan diharapkan selesai pada 2021.

Melansir laman New Atlas, perpustakaan Wormhole yang menghadap Laut Tiongkok Selatan ini terletak di garis pantai di Haikou, Provinsi Hainan. Bangunan tersebut merupakan bagian dari upaya pembangunan yang lebih luas di wilayah yang dipelopori oleh pemerintah Tiongkok.

Baca juga:

Apple Store di Beijing Manfaatkan Tenaga Surya

1
Memiliki desain yang kompleks. (Foto: archdaily)

Strukur perpustakaan dibangun dari beton dan desain keseluruhannya cukup kompleks. Uniknya, bangunan ini memiliki lubang mirip keju Swiss di bagian atapnya agar memungkinkan sinar matahari menembus ke dalam melalui lampu atap. Juga terdapat kurva dan lubang untuk jendela dan tirai. Kemudian mesin CNC dan teknologi cetak 3D digunakan untuk membantu menuang beton.

"Paviliun yang melengkung secara sensual tampaknya menjadi 'lubang cacing' yang melampaui ruang dan waktu," kata pihak MAD.

Selain itu, lubang dengan beragam ukuran memungkinkan arsitektur untuk 'bernapas' dan sementara itu membiarkan cahaya alami membanjiri interior. Ruang abu-abu di koridor luar menyediakan tempat teduh bagi orang yang lewat untuk berhenti dan beristirahat.

Baca juga:

Norwegia Bikin Tempat untuk Mengamati Paus

2
Pemandangan menghadap Laut Cina Selatan. (Foto: archdaily)

Interiornya akan menampilkan dekorasi sederhana dari beton dan kayu dan mencakup ruang baca seluas 690 meter persegi dan memiliki 10 ribu buku. Agar pengalaman membaca buku semakin nyaman, terdapat pula kafe dan area teras yang menghadap ke pantai.

Pengunjung yang lelah membaca dapat berhenti sejenak di area istirahat umum seluas 300 meter persegi dengan tempat parkir sepeda, kamar mandi umum, dan pancuran.

MAD memiliki beberapa proyek ambisius yang sedang dibangun saat ini, termasuk Museum Lucas, kampus olah raga bukit, dan teater berbentuk perahu. (lgi)

Baca juga:

Surga Buku di Kota Beijing

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH