Perpustakaan Rp72 Miliar Resmi Dibuka di Yogyakarta Sri Sultan HB X saat persemian perpustakaan Grhtama Pustaka di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (21/12). (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Peristiwa - Pemerintah Daerah Yogyakarta resmi membuka perpustakaan Grhtama Pustaka di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (21/12). Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X meresmikan gedung yang terletak di sisi timur Kota Yogyakarta ini.

Sri Sultan menyampaikan, dengan perpustakaan besar ini, diharapkan minat baca masyarakat akan meningkat. "Di sini ada ribuan buku. Gedung yang representatif ini menjadi sarana menambah khazanah ilmu," katanya di Grhatama Pusataka, Janti, Bantul, DI Yogyakarta.

Sri Sultan berharap, berdirinya perpustakaan besar ini meneguhkan Yogyakarta sebagai kota pendidikan. Tidak hanya sekadar pendidikan, tetapi pendidikan yang bermutu.

Bangunan gedung perpustakaan bernuansa Jawa modern. Bahkan, bentuk gedungnya dinilai mengandung nilai filosofi kehidupan masyarakat Jawa, yakni Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. Keempat nilai tersebut tertuang melalui empat minaret yang menyerupai tower kecil.

Luas lahan Grhatama Pustaka mencapai 2,4 hektare. Tidak hanya koleksi pustaka, gedung yang dibangun sejak 2012 ini dilengkapi fasilitas bermain anak, bioskop 6 dimensi, ruangan khusus koleksi pustaka digital, dan sarana untuk menikmati hotspot gratis.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta Budi Wibowo menyatakan, koleksi buku-buku yang tersedia akan ditambahkan lagi. "Kita akan tambah koleksi. Ini tekad kita dalam pelayanan di sini," papar Budi Wibowo.

Budi menjelaskan, pembangunan perpustakaan menghabiskan dana sebesar Rp72 miliar dari APBD. "Ini wujud kita membangun dan menjadikan Yogyakarta sebagai tempat menimba ilmu," katanya. (fre)


BACA JUGA:

  1. Taman Budaya Yogyakarta Beri Gelar Maestro pada Pelawak Basiyo
  2. Spesifikasi Pesawat T50i Golden Eagle yang Jatuh di Yogyakarta
  3. TNI AU Kirim Tim Investigasi ke Yogyakarta
  4. Pesawat TNI AU Jatuh Saat Air Show di Yogyakarta
  5. Perhimpunan PSK Yogyakarta: Anak-Anak Dilindungi, Bukan Jadi PSK

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH