'Jleb', Putus Cinta Bukan Perkara Mudah Bagi Pria Perpisahan bukan perkara mudah bagi pria (Foto: Unsplash/Andrew Neel)

RANGGA (Nicholas Saputra) tampak tegar setelah berpisah dari Cinta (Dian Sastrowardoyo) di film Ada Apa dengan Cinta 2. "Si Monyet", sapaan khas Rangga, rela melenggang pergi ke New York meninggalkan Cinta. Bertahun-tahun tak ada kabar, Cinta pun move on dengan lelaki lain.

Meski terkesan tegar, Rangga juga tak bisa menampik rindu berat dengan gadis jelita mantan anak Majalah Dinding (Mading) semasa SMA. Ia pun kembali menghubungi Cinta, kemudian bertemu di Yogyakarta.

Rangga, juga kebanyakan lelaki lain, tampak cuek saat berpisah dengan kekasihnya. Namun, kenyantaannya, bukan perkara mudah untuk melupakan kenangan manis bersama "Belahan Jiwa". Pria bisa jadi sangat galau.

Baca juga:

Empat Fakta Putus Cinta yang Perlu Kamu Ketahui, Nomor 3 Bikin Hati Bersemi Kembali

Melansir laman elite daily, ada tiga alasan logis mengapa pria sulit move on setelah berpisah.

1. Sulit melepas cinta sejati

Berat melupakan kenangan indah (Foto: Unsplash/Shamim Nakhaei)

Lelaki playboy sekali pun, dengan beragam pengalaman berpacaran, pasti pernah merasakan satu cinta sejati. KKalau kata Ari Lasso dalam lirik lagu Cinta Sejati "Cinta sejati tak akan pernah mati selalu menghiasi ketulusan cinta ini". Ya begitulah pria akan tulus mencintai cinta sejatinya.

Saat cinta sejati itu kandas, "Si Playboy" benar-benar merasakan kehilangan, dan baru sadar akan makna cinta sejati. Ia baru sadar yang berharga dari seorang perempuan bukanlah sekadar kecantikan. Ini semua tentang hati.

2. Menemukan pengalaman baru

Setelah berpisah pria kembali merasa hampa (Foto: Unsplash/Milan Popovich)

Lelaki lajang biasanya fokus pada satu tujuan, entah itu karier atau mendalami hobinya. Tanpa disadari rutinitas itu terasa menjemukan. Namun ketika bertemu dengan seorang perempuan, hidup pria menjadi begitu berwarna. Ada yang memperhatikannya. Ada yang dinantinya. Dan ada tempat untuk 'pulang'.

Baca juga:

Saatnya Melakukan Hobi Setelah Putus Cinta

Ketika berpisah dengan perempuan, ia kembali merasakan kehampaan. Tak ada tempat untuk 'pulang'. Hari demi hari kembali menjemukan. Tidak ada lagi yang memperhatikan dan yang mendukung dia untuk menjalani aktivitas harian. Intinya pria juga butuh perhatian.

3. Sudah kenal "ortu"

Pria tidak mudah memperkenalkan pasangannya dengan keluarganya (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Lelaki tidak mudah memperkenalkan pasangannya dengan keluarganya. Bila sudah berani membawa pasangannya ke rumah, tandanya ia serius.

Ia pasti berharap pasangannya bisa cepat akrab dengan keluarganya. Misalnya, menemani ibunya berbelanja, bertukar resep masakan, hingga masak bersama. Perempuan seperti ini sulit dilupakan lelaki.

Lelaki, perpisahan itu bukan perkara mudah bagi kamu. Tapi jangan khawatir di luar sana selalu ada perempuan lebih baik menantimu. Hadapilah perpisahan. (ikh)

Baca juga:

Putus Cinta? Enggak Perlu Buru-Buru Move On!

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH