Perpanjangan Ganjil Genap di DKI Diputuskan Hari Ini Petugas polisi lalu lintas memberhentikan kendaraan saat pemberlakuan waktu sistem ganjil genap di pintu masuk Gardu Tol Bekasi Barat arah Jakarta, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/3). ANTARA FOTO/Ri

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum juga memutuskan perpanjang atau tidaknya penerapan sistem ganjil-genap (gage) di ruas Ibu Kota. Mengingat terakhir kebijakan gage itu jatuh pada 31 Desember mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa draf kajian studi ekonomi dan hasil forum group discussion (FGD) untuk membentuk Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kebijakan ganjil genap sudah selesai. Menurut dia, hanya tinggal penentuan untuk diteruskan atau tidak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

"Kan tinggal diteruskan atau tidak. Ya draftnya kan harus sudah ada dong. Masa draftnya enggak ada. Kalau diputuskan tinggal terusin kalau enggak, ya udah, selesai," ujar Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (27/12).

Anies pun menegaskan, bahwa pemprov DKI akan memutuskan sistem gage itu sore nanti. Hal ini dikarenakan pihaknya belum menyelesaikan rapat penentuan kebijakan.

"Sedianya rapatnya tadi pagi, tapi tim belum selesai datanya, jadi tadi pagi diundur. Mudah-mudahan sore ini selesai dan datanya langsung dibawa ke saya," jelasnya.

Sebenarnya menurut Anies hal yang lebih penting dari kebijakan ini adalah untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas di beberapa ruas jalan di Jakarta.

"Yang harus kita dorong lebih jauh adalah penambahan kendaraan umum massal kita. Karena itu lah prioritasnya Pemprov," ungkap Anies.

"Ganjil genap itu kan temporer kita yang dibutuhkan lebih banyak kendaraan umum, nyaman menjangkau semua tempat, sehingga orang tidak harus menggunakan kendaraan pribadi. Itu yang mau kita dorong," sambungnya

Aturan pelat nomor ganjil genap di wilayah Jakarta. (ANT)

Seperti diketahui, PLT Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, bahwa diperpanjangnya atau tidak kebijakan ganjil-genap di Ibukota, akan diputuskan pada hari ini Kamis (27/12).

"Sudah ada FGD, beberapa FGD yang kita lakukan, rencana finalisasi di tanggal 27 Desember besok. Rapat evaluasi dan Penetapan kebijakan lanjutannya, jadi (tanggal) 27 besok akan diputuskan lanjut tidaknya," kata Sigit. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH