Pilpres 2019

Pernyataan Prabowo Soal Selang Cuci Darah di RSCM Lebih Parah dari Hoaks Ratna Sarumpaet

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 02 Januari 2019
 Pernyataan Prabowo Soal Selang Cuci Darah di RSCM Lebih Parah dari Hoaks Ratna Sarumpaet
Politisi PDIP Charles Honoris. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Politisi PDIP Charles Honoris mengomentari pernyataan Capres Prabowo Subianto yang menyebut selang cuci darah RSCM Jakarta dipakai 40 orang.

Kata Charles, pernyataan Prabowo sama halnya dengan hoaks yang pernah dia sebarkan dalam kasus Ratna Sarumpaet.

"Polanya sama dengan hoaks yang pernah dia sebarkan dalam kasus Ratna Sarumpaet. Prabowo mengaku dapat laporan dan belum diklarifikasi kebenarannya, tapi sudah disebarkan ke publik bahwa seolah-olah itu fakta," kata Charles kepada awak media di Jakarta, Rabu (2/1).

Menurut Anggota Komisi I DPR RI itu, pernyataan Prabowo bahkan lebih parah dari itu, karena dia bukan saja telah merendahkan RSCM sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia, tetapi telah melecehkan profesi dan sumpah jabatan dokter.

Prabowo Subianto di Hambalang
Capres Prabowo Subianto (kanan) bersama Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian di Hambalang, Bogor (MP/Ponco Sulaksono)

"Seolah-olah ribuan dokter yang bekerja di RSCM begitu jahat sehingga mengabaikan risiko penularan penyakit dari penggunaan selang cuci darah yang sama untuk 40 orang," ucapnya.

Dia pun meminta agar kubu Prabowo Subianto menggunakan cara-cara kampanye yang mendidik publik, yakni dengan adu ide, adu program dan adu rekam jejak. Bukan dengan terus menerus menakut-nakuti rakyat dengan hoaks seperti yang sudah-sudah, dan ketika sudah muncul gelombang protes, baru minta maaf.

"Seandainya Prabowo sering berobat di dalam negeri, barangkali dia tidak akan lekas percaya terhadap laporan konyol yang sangat merendahkan dokter dan dunia medis di Indonesia itu. Dunia kedokteran dan pelayanan kesehatan di Indonesia tidaklah seburuk dipikirkan Prabowo," tandasnya.

Sebelumnya, dalam pidato akhir tahun yang digelar di Bukit Hambalang, Bogor, Prabowo menyoroti soal pengelolaan dana BPJS Kesehatan yang amburadul hingga menyebabkan penurunan kualitas pelayanan rumah sakit tanah air.

Prabowo mencontohkan soal pelayanan cuci darah di RSCM Jakarta dimana dia mendapat laporan bahwa selangnya bisa digunakan hingga 40 kali.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Dilarang Kampanye di Pesantren, Sandi Uno Ajak Warga dan Santri Berselawat

#Prabowo Subianto #Charles Honoris #Berita Hoax #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan