Pernikahan Kedua Lebih Langgeng, Apa Iya? Banyak pelajaran yang kamu ambil dari pernikahan pertama (Foto: Pexels/Jeremy Wong)

ENGGAK selamanya pernikahan berakhir bahagia. Berbagai masalah selalu menghiasi kehidupan rumah tangga sepasang suami istri. Ada yang bisa mengatasinya. Ada yang menyerah dan memutuskan untuk bercerai.

Setelah berpisah pilihannya cuma dua. Melajang untuk sementara. Atau kembali melaju ke jenjang pernikahan. Pun itu kalau kamu berani. Karena sudah sewajarnya kalau kamu trauma dengan pernikahan sebelumnya.

Namun, bisa dibilang seharusnya pernikahan kedua justru lebih baik. Karena kamu sudah mengambil banyak pelajaran dari pernikahan sebelumnya. Menurut Laman Your Tango, ada tiga alasan pernikahan kedua lebih baik dari pernikahan pertama.

1. Sudah mengerti pelajaran dasar pernikahan

Pengalaman pertama memberikan kamu pelajaran berharga (Foto: Pexels/ Inna Lesyk)

Kalau sudah menikah kedua kalinya artinya kamu sudah memiliki bekal nyata. Ya, maksudnya dari pernikahan pertama. Kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang membuat hubungan kamu dan pasangan enggak lancar. Kamu juga sudah tahu seluk beluk mengelola kehidupan rumah tangga.

Seenggaknya kamu memiliki pemahaman dasar tentang komunikasi yang efektif. Juga pemahaman dasar untuk menyelesaikan konflik rumah tangga. Bekal-bekal tersebut lah yang akan membuat pernikahan kedua kamu lebih sukses.

2. Kamu sudah memahami kesalahan kamu, sehingga enggak akan kembali mengulangi kesalahan

Mengakui kesalahan sangat baik (Foto: Pexels/Image Studio)

Siapapun yang salah, kamu harus mengintrospeksi diri kamu. Mungkin kamu menyalahi dia atas kegagalan pernikahan kamu. Tapi alangkah baiknya jika kamu mengakui kesalahan juga ada pada kamu.

Di pernikahan kedua kamu sudah memahami kesalahan yang pernah kamu lakukan. Kamu akan menghargai pasangan baru kamu. Karena tekad kamu ialah ingin meraih kebahagiaan. Bukan mengulangi kesalahan yang sama.

3. Kamu lebih bersyukur karena memiliki kesempatan kedua

Kesempatan kedua membuat kamu lebih menghargai pasangan kamu (Foto: Pexels/Deesha Chandra)

Siapa yang enggak bahagia mendapatkan kesempatan kedua. Artinya kamu masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Kesempatan kedua ini membuat kamu bersyukur. Kamu juga bertekad untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Kamu akan lebih menghargai pasangan kamu di kesempatan kedua ini. Karena kamu percaya dialah orang yang tepat untuk kamu. Karena masih menerima kamu yang pernah mengalami kegagalan pernikahan.

Sahabat Merah Putih pernikahan kedua mungkin bisa menjadi lebih baik. Tapi alangkah baiknya jika pernikahan pertama kamu awet dan langgeng. Kuncinya cuma satu. Menghargai kelebihan pasangan kamu. Lalu, terimalah kekurangan yang dimiliki pasangan kamu. (ikh)

Baca juga: Jelang Pesta Pernikahan Jangan Stres, Atasi dengan Cara Ini!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH